Sukses

7 Makanan khas Bojonegoro yang Wajib Dicoba, Bikin Ketagihan

Beberapa makanan khas Bojonegoro ini juga bisa dijadikan sebagai oleh-oleh.

Liputan6.com, Jakarta Indonesia dikenal dengan berbagai kuliner khasnya di setiap daerah. Bahkan, saat berkunjung ke suatu kota kamu wajib untuk mencicipi makanan khas daerah tersebut.

Salah satu kota yang juga memiliki makanan khas yang wajib dicoba ialah Bojonegoro. Bukan hanya dikenal akan pusat pengarajin kayu jati saja, namun makanan khas Bojonegoro juga tak kalah terkenal.

Bahkan, adapula makanan khas Bojonegoro yang mendapatkan rekor dari Museum Rekor Indonesia atau MURI. Tentu saja hal ini membuat Kabupaten Bojonegoro menjadi salah satu kota yang tak bisa dilewatkan saat pergi ke Jawa Timur.

Beberapa makanan khas Bojonegoro juga wajib untuk dicoba ketika tengah berwisata ke kota satu ini. Pasalnya, kuliner yang disajikan memiliki cita rasa yang khas dan bisa membuat kamu ketagihan.

Dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, berikut ini beberapa makanan khas Bojonegoro yang wajib untuk dicoba, Jumat (4/6/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Kue Putu

Kue Putu menjadi salah satu makanan khas Bojonegoro yang sudah jarang ditemui. Makanan dengan cita rasa manis dan gurih ini dibuat dengan tepung beras, gula jawa serta parutan kelapa.

Biasanya, memasak kue putu menggunakan bambu yang kemudian di kukus dengan sebuah uap. Makanan khas Bojonegoro satu ini juga cocok disantap saat sore hari sebagai camilan bersama segelas teh hangat.

3 dari 8 halaman

2. Sego Buwuhan

Sego Buwuhan mungkin sudah tak asing lagi bagi masyarakat Bojonegoro. Bahkan, banyak pula warung-warung yang menyediakan sego buwuhan di tepi jalan. Bagi para wisatawan, belum lengkap berkunjung ke Bojonegoro jika tak menyantap makanan khas sehari-hari satu ini.

Biasanya sego buwuhan terdiri dari nasi putih yang dilengkapi dengan momok tempe, mie, sayur tewel atau nangka, sate daging sapi, telur serta rempeyek teri ataupun kacang. Sego Buwuhan ini juga sempat tercatat dalam MURI dengan kategori hidangan terbanyak dalam pagelaran Bojonegoro Thengul International Folklore Festival 2019 lalu. Jadi bagi para wisatwan wajib untuk mencicipi makanan satu ini.

4 dari 8 halaman

3. Nasi Flambe

Makanan khas Bojonegoro selanjutnya yang wajib untuk disantap ialah Nasi Flambe. Nasi Flambe sendiri merupakan makanan yang disajikan dengan nasi putuh yang dilengkapi dengan udang goreng, telur orak-arik, serta ayam suwir.

Biasanya, dalam penyajian Nasi Flambe ini kamu jika bisa menyantapnya dengan sambal terasi. Tak hanya rasanya yang nikmat, akan tetapi harga seporsi Nasi Flambe pun sangat ramah di kantong.

5 dari 8 halaman

4. Gethuk Lindri

Bagi sebagian orang mungkin sudah tak asing lagi dengan makanan bernama gethuk. Makanan yang berbahan dasar singkong ini memang kerap ditemui di beberapa kota di Indonesia terutama daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Gethuk lindri menjadi salah satu makanan khas Bojonegoro yang juga wajib untuk dinikmati. Bahkan, jajanan satu ini bisa dijadikan sebagai oleh-oleh ketika berkunjung ke Bojonegoro.

6 dari 8 halaman

5. Ledre

Ledre menjadi salah satu makanan khas Bojonegoro yang sering dijadikan sebagai buah tangan. Pasalnya jajanan yang terbuat dari tebung terigu, tepung beras, gula dan pisang raja sering kali ditemukan di toko oleh-oleh.

Ledre sendiri menjadi salah satu camilan yang mudah ditemukan di Bojonegoro. Bahkan, meski terlihat sederhana akan tetapi Ledre memiliki rasa yang gurih dan manis.

7 dari 8 halaman

6. Keripik jahe

Salah satu jajanan khas Bojonegoro yang cukup unik ialah keripik jahe. Ya keripik yang terbuat dari jahe ini menjadi salah satu makanan khas bojonegoro yang sering dijadikan sebagai oleh-oleh. Bukan hanya rasanya yang gurih dan renyah, namun sensasi hangat dari jahe juga menjadi daya tarik tersendiri.

8 dari 8 halaman

7. Wedang tape

Tak hanya dikenal akan makanannya saja, namun Bojonegoro juga dikenal dengan beberapa minuman khasnya. Salah satunya ialah wedang tape. Wedang tape sendiri dapat mudah ditemukan di warung pinggir jalan saat malam hari. Wedang tape juga telah menjadi salah satu kon kuliner khas Bojonegoro yang wajib untuk dicicipi terutama bagi para wisatawan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini