Sukses

Simpati dan Kesedihan Emil Dardak Calon Haji Gagal Berangkat Lagi Tahun Ini

Emil yang juga Ketua IPHI Jawa Timur, turut bersimpati dan bersedih mengenai gagal berangkatnya jemaah calon haji.

Liputan6.com, Surabaya - Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak meminta anggota Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) di Jatim memberikan pendampingan untuk menyemangati jamaah calon haji yang gagal berangkat tahun ini. 

"Kami berharap teman IPHI di masing-masing daerah membangun silaturahim dengan jamaah calon haji yang gagal berangkat untuk memberikan semangat dan motivasi," kata Emil Dardak di Surabaya, Jumat (4/6/2021), seperti dikutip dari Antara.

Emil yang juga Ketua IPHI Jawa Timur, turut bersimpati dan bersedih mengenai gagal berangkatnya jemaah calon haji yang harusnya telah mendapatkan giliran berangkat sejak tahun lalu.

"Mudah-mudahan diberikan kesehatan dan kesabaran. Kita berdoa dan optimis mudah-mudahan bisa dibuka kembali haji supaya mereka bisa menunaikan rukun yang diharapkan sepanjang hidupnya," katanya.

Emil mengemukakan di IPHI ada istilah "mabrur sepanjang hayat" yang artinya bukan selesai haji dan mabrur terus, tapi ada langkah-langkah yang harus dipupuk agar tetap mabrur.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Langkah Tepat

"Untuk itu saya meminta kegiatan IPHI turut menyertakan calon haji. Bagi kami mereka sudah menjadi bagian IPHI karena sudah diniatkan haji," katanya.

Mantan Bupati Trenggalek meyakini Kementerian Agama telah mengambil langkah-langkah yang paling bijak dan paling tepat untuk menyikapi pembatalan pemberangkatan haji pada tahun ini.

"Kami dari IPHI mendukung penuh kebijakan dari pemerintah karena mereka telah mengambil langkah-langkah yang paling bijak dan paling tepat," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.