Sukses

10 Wisata Pegunungan di Magetan, Sejuk dan Segar

Liputan6.com, Jakarta Magetan merupakan kabupaten di Jawa Timur yang berbatasan langsung dengan Jawa Tengah di sebelah barat. Perbatasan antara Magetan dan Jawa Tengah ini berupa pegunungan Lawu yang sangat asri. Tak ayal Magetan memiliki wisata pegunungan yang begitu indah. 

Wisata pegunungan ini bisa ditempuh kurang lebih 15 kilometer dari pusat kota Magetan. Wisata pegunungan Magetan punya beragam pilihan mulai dari telaga, air terjun, hingga taman wisata. Fasilitas dan akses menuju lokasi wisata ini juga sudah terbilang mudah dijangkau.

Mengunjungi wisata pegunungan di Magetan bisa jadi cara menyegarkan pikiran. Berikut wisata pegunungan di Magetan, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat(4/6/2021).

2 dari 6 halaman

Wisata pegunungan di Magetan

Telaga Sarangan

Telaga Sarangan merupakan salah satu ikon wisata Magetan. Telaga Sarangan adalah telaga alami yang berada di ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut. Berada di lereng Gunung Lawu, telaga ini menawarkan suasana pegunungan yang sejuk dan segar. Suhu di telaga ini bisa mencapai 15 hingga 20 derajat Celsius.

Telaga Wahyu

Telaga Wahyu berada sekitar 4 kilometer dari Telaga Sarangan. Telaga ini juga dikenal dengan nama Telaga Wurung. Sama seperti Sarangan, telaga ini berada di lereng Lawu yang membuatnya terasa sejuk dan segar untuk dikunjungi. Udara di sekitar kawasan Telaga Wahyu terasa sangat segar karena dikelilingi oleh bukit dengan pepohonannya yang hijau.

3 dari 6 halaman

Wisata pegunungan di Magetan

Air Terjun Tirtosari

Di Magetan kamu bisa menemukan Air Terjun Tirtosari. Air terjun ini berada sekitar 18 kilometer dari Telaga Sarangan. Lokasinya yang berada di lereng gunung dengan hutan yang masih sangat asri membuat air terjun ini sangat tenang dan sejuk. Air Terjun Tirtosari memiliki tinggi sekitar 50 meter, bentuknya memanjang lurus dari atas ke bawah.

Air Terjun Pundak Kiwo

Air terjun lainnya yang bisa ditemukan di pegunungan Magetan adalah Air Terjun Pundak Kiwo. Air terjun ini bisa ditempuh 10 menit perjalanan dari Telaga Sarangan. Air Terjun Pundak Kiwo dikelilingi oleh tebing yang menjulang tinggi dan pepohonan hijau yang asri.

4 dari 6 halaman

Wisata pegunungan di Magetan

Gunung Lawu

Puncak Lawu berada di perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur. Gunung Lawu terletak di antara tiga kabupaten yaitu Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Kabupaten Ngawi, dan Kabupaten Magetan, Jawa Timur. Salah satu jalur pendakian Lawu bisa ditempuh dari Cemoro sewu, Magetan.

Di Puncak Gunung Lawu terdapat kawah yang dikenal sebagai Kawah Condrodimuko, dan tempat-tempat spiritual seperti Sendang Drajat, Sumur Jolotundo, Argo Dalem, Argo Dumilah, Pasar Dieng, Batu Tugu “Punden Berundak”, Lumbung Selayur, Telaga Kuning, dan Pawon Sewu. Gunung Lawu merupakan gunung api yang berstatus istirahat. Puncak Lawu kerap dijadikan tempat pendakian bagi para pendaki.

Cemoro Sewu

Cemoro Sewu merupakan titik pendakian ke Gunung Lawu dari Magetan. Selain sebagai jalur pendakian, di Cemoro Sewu, kamu bisa menikmati hutan cemara yang lebat. Di sekitar jalan Cemoro Sewu terdapat wisata petik stroberi untuk wisatawan. Selain memetik buah stroberi, di Cemoro Sewu kamu juga akan disguhkan dengan berbagai kuliner lezat seperti sate kelinci dan jagung bakar.

5 dari 6 halaman

Wisata pegunungan di Magetan

Mojosemi Forest Park

Mojosemi Forest Park merupakan salah satu taman wisata yang tematik. Tempat wisata satu ini bahkan sempat viral karena video replika dinosaurus yang jadi ikon tempat ini. Ada berbagai fasilitas yang bisa kamu nikmati di Mojosemi Forest Park seperti Glamour Camping, Camping Ground, Air Terjun Tirto Mojo, OutBound, Flying Fox, Skywalk, ATV, High Rope Adventure, Ekaliptus Resto & cafe, Airsoftgun Zone, Archery Zone, dan masih banyak lagi.

Lawu Green Forest

Lawu Green Forest berada di Jl. Sarangan-Cemorosewu Km, Kali Jumok, Sarangan, Kec. Plaosan, Kabupaten Magetan. Wisata pegunungan satu ini dikenal dengan hutan pinusnya yang sejuk. Di sini juga terdapat area outbound, restoran, dan taman bermain anak.

6 dari 6 halaman

Wisata pegunungan di Magetan

Genilangit Park

Genilangit Park berlokasi di Genilangit, Poncol, Kabupaten Magetan. Di sini terdapat banyak spot foto kekinian yang dipadukan dengan panorama pegunungan yang hijau. Di Genilangit Park kamu bisa menemukan gardu pandang, spot perahu terbang, ayunan terbang, spot kupu-kupu, rumah hobbit, dan lain sebagainya.

Magetan Green Garden

Tempat ini menawarkan keindahan kebun bunga dan buah yang sangat memesona. Magetan Green Garden cocok kamu kunjungi bersama keluarga, terutama dengan anak-anak. Selain terdapat aneka macam tanaman buah dan bunga, di tempat ini juga tersedia bibit bunga matahari yang bisa dibawa pulang.