Sukses

Dentuman Misterius dan Kilatan Cahaya Tertangkap dari Gunung Raung

Liputan6.com, Surabaya - Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) Raung, Desa Sumberarum, Kecamatan Songgon, Kabupaten Banyuwangi melaporkan adanya kilatan cahaya misterius dari Gunung Raung yang terekam CCTV.

"Pos Pengamatan Gunung Raung merekam adanya cahaya di dekat Gunung Raung pada pukul 19.50 WIB," kata Kepala PPGA Raung, Mukijo dikutip dari TimesIndonesia, Sabtu (5/6/2021).

Mukijo memastikan, kilatan cahaya itu bukan berasal dari aktivitas vulkanik Gunung Raung. Rekaman CCTV PPGA Raung memperlihatkan durasi yang tertangkap hanya sepersekian detik.

"Tidak bisa dipastikan benda tersebut apa, namun tidak berkaitan dengan aktivitas Gunung Raung," ungkapnya.

Selain fenomena aneh kilatan cahaya, PPGA Raung juga mendapatkan laporan tentang adanya suara dentuman. Suara itu diduga muncul bersamaan dengan kilatan cahaya dari sekitar Gunung Raung.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 2 halaman

Sangat Cepat

"Tidak jelas juga dari atas atau dari bawah, yang tertangkap CCTV hanya 1 frame, sangat cepat. Bentuknya juga tidak jelas ke atas atau ke bawah," jelas Mukijo.

Hingga berita ini diturunkan, fenomena alam langka yang ditangkap dari Gunung Raung di Kabupaten Banyuwangi itu masih menjadi misteri tentang apa yang sebenarnya terjadi. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.