Sukses

VIDEO: Gagal Berangkat, Seorang Calon Jemaah Haji di Jember Khawatirkan Usia

Liputan6.com, Jakarta Heni Sundari (59) yang merupakan guru SD harus merasakan kecewa karena gagal berangkat haji di tahun 2021. Upaya yang dilakukan Heni pun hanya menuai kekecewaan, lantaran dirinya sudah melunasi biaya haji selama 11 tahun. Selain itu, dirinya juga merasa khawatir akan usianya jika ditunda hingga tahun-tahun berikutnya. Menurut data dari KUA Jember, terdapat 1.822 calon jemaah haji yang harus tertunda keberangkatannya akibat pandemi Covid-19.

Kesedihan terpancar dari wajah Heni Sundari, warga Desa Pancakarya, Kecamatan Ajung. Guru Sekolah Dasar berusia 59 tahun ini sudah 2 kali berturut-turut tertunda berangkat ibadah haji akibat pandemi. Padahal Heni sudah berjuang melunasi biaya haji selama 11 tahun. Faktor usialah yang menjadi kekhawatiran, jika harus menunggu setahun lagi.

“Stres, karena saking inginnya, karena yang kita kejar sekarang kan usia, meskipun saya masih belum pensiun, tapi saya kan sudah niat untuk menunaikan ibadah haji, semua saya serahkan kepada Allah,” ungkap Heni Sundari, Calon Jemaah Haji.

Menurut data Kantor Kementerian Agama, di Jember, total 1.822 calon jemaah haji harus tertunda keberangkatannya. Demikian pemberitaannya pada Liputan6, (6/6/2021).