Sukses

Gus Yani Ajak Kampus Garap Pantai Selayar Bawean

Liputan6.com, Surabaya - Bupati Gresik, Fandi Akhmad Yani meresmikan pantai Selayar di Bawean sebagai aset Desa Wisata Sungai Rujing, Kecamatan Sangkapura, Gresik.

"Aset wisata ini sungguh sangat indah. Kami mohon masyarakat di sini untuk menjaga dan selalu memberikan perubahan dengan sentuhan-sentuhan yang lebih baik. Kumpulkan para anak muda, perbanyak dan buat spot-spot foto yang lebih instagramable," ujarnya, Jumat (11/6/2021).

Bupati yang biasa disapa Gus Yani ini meminta pengelola wisata pantai Selayar Bawean diundang dan dipertemukan dengan perguruan tinggi untuk mengadakan semacam kerjasama dengan akademisi.

“Kalau bisa bekerjasama dengan akademisi dan perguruan tinggi tentu akan lebih intens karena pihak perguruan tinggi bisa mengirim mahasiswanya untuk pembelajaran sekaligus akan ada kajian-kajian yang terus menerus," ucapnya.

Kepada seluruh masyarakat terutama yang memiliki aset wisata di desanya, Gus Yani berharap agar semakin tumbuh kesadaran warga untuk menggiatkan pariwisata.

“Dengan tumbuhnya kesadaran masyarakat tentu tak hanya kelestarian alamnya saja yang terjaga. Tapi juga roda perekonomian yang akan semakin tergerak baik," ujarnya.

2 dari 3 halaman

Pulau Tak Berpenghuni

Dikutip dari website Disparbud Gresik, pulau Selayar merupakan sebuah gundukan menyerupai bukit atau gunung yang ada di tepi laut tepatnya di wilayah Dusun Taubat, Kecamatan Sangkapura, Bawean, Kabupaten Gresik.

Pulau ini adalah pulau yang tak berpenghuni. Untuk dapat mencapai pulau Selayar, harus dilakukan dengan berjalan kaki menyeberangi laut pada saat air laut sedang surut.

Di tepi laut sekitar pulau terdapat pantai yang cukup menarik, karena pasirnya yang lembut serta pemandangan alam lainnya, seperti sederet pohon mangrove dan pohon kelapa di sepanjang bibir pantai Selayar.

Selain itu juga dapat menikmati keindahan matahari terbit sambil menghirup segarnya angin pantai dan meneguk air kelapa muda yang ada di dekat pantai.Beberapa fasilitas juga susah dibangun untuk menunjang pariwisata, diantaranya lahan parkir, toilet dan musala. Serta ada warung yang dilengkapi gazebo dan spot foto di sepanjang bibir pantai yang membelakangi bukit Selayar. 

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: