Sukses

Kombinasi Jemput Bola dan Drive Thru, Vaksinasi di Banyuwangi Capai 243.032 Orang

Menurut Ipuk, dua langkah tersebut diklaim berhasil mempercepat capaian vaksinasi di kabupaten ujung timur Pulau Jawa.

Liputan6.com, Banyuwangi - Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani mengombinasikan dua strategi utama dalam percepatan vaksinasi Covid-19 di daerahnya, yaitu melalui jemput bola dan layanan tanpa turun (drive thru).

Menurut Ipuk, dua langkah tersebut diklaim berhasil mempercepat capaian vaksinasi di kabupaten ujung timur Pulau Jawa.

”Jemput bola lansia jalan terus. Selain door to door ke rumah bagi lansia yang memiliki kendala mobilitas, jemput bola ini juga dalam arti kita dekatkan layanan," ujar Ipuk saat mengecek vaksinasi drive thru di GOR Tawangalun Banyuwangi, Jumat (11/6/2021).

"Misalnya di balai desa, di rumah warga, atau di wilayah perkebunan, kita pinjam salah satu ruangan di sana. Jadi lansia tidak perlu ke Puskesmas,” ucapnya.

Adapun vaksinasi drive thru, lanjut bupati perempuan itu, dipusatkan di GOR Tawangalun, menyasar para pelaku pariwisata, jasa transportasi publik, dan pelaku ekonomi. 

”Saya lihat vaksinasi drive thru cukup besar antusiasmenya. Alhamdulillah lancar. Vaksinasi drive thru sudah melayani 4.700 warga dalam beberapa hari terakhir. Setelah ini, kita evaluasi untuk lanjutannya sembari menunggu ketersediaan vaksin,” ucap Ipuk.

Ipuk mengatakan, penyerapan cepat vaksinasi ini akan dilaporkan kepada pemerintah pusat dan provinsi agar Banyuwangi segera mengajukan tambahan vaksin. 

"Kami segera laporkan capaian ini, sehingga bisa segera mendapat tambahan vaksin, dan makin banyak warga yang divaksin. Bismillah, semuanya sehat," ucap Ipuk. 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

243.032 Orang Sudah Divaksin

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan, per 10 Juni 2021, sebanyak 243.032 warga Banyuwangi telah mendapatkan vaksinasi, yang terdiri atas 172.958 warga gabungan tenaga kesehatan, pelayan publik, serta lansia.

Selanjutnya, 1.501 penyandang disabilitas dan kelompok rentan lainnya dan 68.573 masyarakat umum yang telah mendapat vaksinasi tahap I.

Vaksinasi tahap II untuk 243.032 warga itu kini terus berlanjut. Khusus lansia, sudah 67.945 orang yang divaksin, setara 77,27 persen dari target yang ditetapkan Pemprov Jatim. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.