Sukses

Lahan Rawa di Banyuwangi Disulap Jadi Pusat Kuliner Ikan

Festival Pasar Ikan atau Fish Market Festival yang baru saja digelar di Kampung Mandar Banyuwangi menjadi upaya menggerakkan ekonomi masyaraka

Liputan6.com, Surabaya- Festival Pasar Ikan atau Fish Market Festival yang baru saja digelar di Kampung Mandar Banyuwangi menjadi upaya menggerakkan ekonomi masyarakat. Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani ingin perhelatan ini bisa menunjang wisata Pantai Marina Boom.

“Terlebih, kawasan Kampung Mandar yang lokasinya dekat perkotaan dan juga berdampingan dengan Pantai Marina Boom dinilai sangat strategis menjadi destinasi wisata kuliner,” ujarnya, seperti yang dikutip dari Antara, Sabtu (12/6/2021).

Ia berpesan kepada warga setempat untuk menjaga kualitas dan kebersihan di kawasan Kampung Mandar, dan warga diharapkan pula menjadi pelayan wisatawan yang baik dengan keramahanya.

Menurut Kepala Dinas Pariwisata Banyuwangi M.Y. Bramuda, Kampung Mandar saat ini telah menjadi pusat kuliner olahan laut dan telah ramai pengunjung dan pecinta kuliner maupun wisatawan.

“Karena selain harganya murah, ikan yang diolah juga harus benar-benar segar,” ucapnya.

Ia menyebutkan ada lebih dari 20 warung olahan ikan  yang rata-rata menghabiskan 10 sampai 20 kilogram apda akhir pekan.

Semula, pasar ikan di Mandar Banyuwangi ini merupakan lahan berupa rawa yang penuh dengan sampah. Namun sekarang telah menjadi salah satu tempat yang bersih dan pusat perekonomian warga Kelurahan Mandar.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.