Sukses

Biar Jos, 324 Keping Isolator SUTT di Probolinggo-Lumajang Diganti

Liputan6.com, Ponorogo - Unit Pelaksana Transmisi (UPT) Probolinggo serta Unit Layanan Transmisi dan GI (ULTG) Probolinggo, melakukan penggantian isolator yang telah korosi guna memastikan pasokan listrik tetap andal.

"Penggantian isolator sejumlah 324 keping dilakukan pada Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) Probolinggo – Lumajang tepatnya terletak di Desa Tegal Siwalan," ujar General Manager PLN Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Timur dan Bali (UIT JBM) Suroso, Senin (14/6/2021).

Suroso mengatakan, kegiatan tersebut dilaksanakan oleh Tim Pemeliharaan Jaringan dan juga Tim Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB) selama dua hari.

Menurutya, pekerjaan tersebut bertujuan untuk memastikan jaringan transmisi terhindar dari gangguan akibat korosi yang terjadi pada isolator.

“Beberapa hari lalu kami baru saja menyelesaikan pekerjaan yaitu penggantian isolator pada jaringan SUTT. Isolator yang sudah mengalami korosi dan biasanya ada retak tipis, kami langsung lakukan penggantian," ucapnya.

"Pekerjaan tersebut ada yang dilakukan secara padam, namun tak berdampak kepada pelanggan, ada juga tanpa padam yang dilakukan oleh Tim PDKB," ujar Suroso.

Suroso menyampaikan, adanya korosi pada isolator merupakan salah satu penyebab terjadinya gangguan dalam menyalurkan energi listrik, sehingga dapat mengurangi kenyamanan layanan kelistrikan kepada pelanggan.

Dalam melakukan kegiatan di lapangan, kata Suroso, seluruh tim dipastikan harus selalu menjaga dan mengutamakan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) dikarenakan pekerjaan tersebut memiliki risiko yang cukup tinggi.

2 dari 3 halaman

Komitmen Jaga Listrik

"Kami pun memastikan kepada seluruh petugas lapangan untuk tetap mengutamakan K3 dalam melakukan pekerjaan dan meminimalisir potensi-potensi bahaya," ucapnya.

Suroso menegaskan, PLN selalu berkomitmen 24 jam untuk memastikan aliran listrik terjaga kehandalannya sehingga layanan terbaik dapat dirasakan masyarakat.

"Oleh karena itu, segala upaya untuk memastikan jaringan listrik aman dari gangguan dilakukan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan terhadap kualitas layanan PLN," ucapnya.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: