Sukses

Pertama di Jatim, PT SIER Bakal Gelar Vaksinasi Gotong Royong Jenis Sinopharm

Liputan6.com, Surabaya - PT Surabaya Industrial Estate Rungkut (SIER) menggandeng PT Biofarma (Persero) bakal menggelar vaksinasi gotong royong jenis Sinopharm, pertama kali di Jawa Timur (Jatim).

"Penyuntikan dosis pertama akan dilaksanakan Kamis 17 Juni di Klinik SIER di Jalan Rungkut Industri Raya Surabaya," ujar Kepala Departemen Klinik SIER Venda Ratih, Senin (14/6/2021).

Venda mengungkapkan, target keseluruhan dari vaksinasi gotong royong ini berjumlah 20 ribu penerima vaksin. Untuk kelompok pertama akan dilaksanakan penyuntikan kepada 1.000 orang.

"Vaksinasi gotong royong ini hanya menerima pendaftaran untuk para tenant maupun perusahaan di luar kawasan," ucapnya.

Venda menjelaskan, vaksinasi gotong royong ini hanya diberikan kepada para calon penerima yang sudah didaftarkan oleh perusahaan masing-masing, sehingga Klinik SIER tidak membuka pendaftaran on the spot.

“Vaksinasi gotong royong yang dilakukan di Klinik SIER dimulai pukul 09.00 WIB. Vaksinatornya merupakan gabungan dari tim Klinik SIER dan relawan yang jumlahnya kurang lebih 28 orang," ujarnya.

Prosedur yang berlaku selama pelaksanaan vaksinasi ini akan dimulai dengan registrasi atau pengisian data calon penerima vaksin, lalu anamnesa yaitu cara pemeriksaan yang dilakukan dengan wawancara baik langsung pada pasien atau pada orang tua atau sumber lain.

Selain anamnesa, lanjut Venda, calon penerima vaksin akan diperiksa tekanan darahnya dan bila hasilnya dinyatakan baik, maka penerima vaksin akan menuju ruang vaksin untuk dilakukan penyuntikan.

"Setelah itu, penerima vaksin akan diobservasi keadaan paska disuntik. Jika tidak ada keluhan yang berarti, pasien baru diizinkan pulang," ucapnya.

2 dari 3 halaman

Perusahaan Kawasan

Kepala Divisi Jasa Penunjang PT SIER, Irsyad Septian menambahkan, pada Kamis 17 Juni mendatang, Klinik SIER akan memberikan vaksin kepada 200 orang.

"Mereka yang menerima vaksin adalah orang yang berasal dari perusahaan di dalam Kawasan Industri SIER, seperti PT Penerbit Buku Erlangga Mahameru, PT Rembaka, PT E-T-A, dan masih banyak lainnya," ujar Irsyad.

Vaksinasi Gotong Royong yang diadakan PT SIER ini merupakan hasil kolaborasi dari PT Biofarma (Persero) selaku produsen vaksin, PT Kimia Farma Trading and Distribution Cabang Surabaya sebagai distributor vaksin dan Klinik SIER sebagai eksekutor.

PT SIER menyambut baik kerja sama dengan PT Biofarma (Persero) ini dalam rangka berkontribusi mengurangi dampak dari pandemi Covid-19 agar seluruh sektor di Indonesia bisa segera pulih kembali.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: