Sukses

Kata Wabup Irwan soal Viral Disabilitas Bondowoso Minta Bantuan ke Baim Wong

Liputan6.com, Surabaya - Viral video seorang disabilitas asal Kabupaten Bondowoso, meminta bantuan dana sosial ke YouTuber terkenal, Baim Wong. Publik mengetahui setelah kejadian itu diunggah di akun YouTube @Baim Paula.

Video pertama berdurasi 18 menit. Dalam video tersebut diceritakan bahwa seorang disabilitas atas nama Siddik datang jauh-jauh ke Jakarta demi meminta bantuan sosial ke Baim untuk temannya di Bondowoso.

Namun di video kedua yang berdurasi 17 menit 42 detik tersebut, Siddik malah mengutarakan keinginan pribadinya.

"Saya minta tolong sama mas, untuk pribadi saya sendiri, untuk usaha," kata Siddik saat bertemu langsung dengan Baim.

Oleh Baim, dia pun ditanya untuk usaha apa. Pria yang mengenakan kaos berwarna biru tersebut mengaku punya usaha tembakau. Yakni beli tembakau untuk dijual lagi.

Baim lantas menanyakan modal usaha yang dibutuhkan. Pria itu pun menyebutkan biaya yang ia butuhkan. 

"Minimal ya itu, sekitar 10-an itu (Rp 10 juta). Terserah Baim mau ngasih berapa, silahkan tidak masalah yang penting saya bisa pulang, gitu aja. Yang penting untuk anak-anak di kampung saya," ucapnya.

Baim akhirnya memberikan uang ganti ongkos ke Jakarta dan uang ongkos untuk balik ke Bondowoso. Selain itu, suami Paula itu juga menyerahkan Rp 2,5 juta untuk dibagikan ke teman disabilitas saat sampai di Bumi Ki Ronggo.

Wabup Bondowoso Irwan Bachtiar Rahmat menegaskan, tidak menutup kemungkinan mereka mengaku-ngaku. Sebab, Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) Bondowoso sudah bersinergi dengan pemkab.

Dia menegaskan bahwa Pemkab Bondowoso sudah banyak memfasilitasi kaum disabilitas yang ada di Bondowoso. “Contoh tempo hari meminta bantuan mesin jahit dan alat bengkel. Bahkan ada foto dokumentasinya," paparnya, dikutip dari TimesIndonesia, Selasa (15/6/2021).

2 dari 3 halaman

Cek ke PPDI Bondowoso

Dia juga memaparkan, akan ada bantuan UMKM bagi mereka yang masuk dalam PPDI. Bahkan ketua komunitasnya inten berkomunikasi dengan Wabup. "Siapa yang mengajukan bantuan. Setiap tahun selalu komunikasi dengan saya,” imbuhnya.

Politisi PDIP tersebut akan mengkroscek kepada PPDI Bondowoso terkait Siddik meminta bantuan dana Rp 10 juta untuk usaha tembakau. 

“Meskipun bukan anggota PPDI ya tetap akan kami fasilitasi. Namanya orang minta bantuan ya sah-sah saja. Pemkab akan perhatikan mereka, karena juga warga Bondowoso,” paparnya.

Sementara informasi dihimpun dari Dinas Sosial Kabupaten Bondowoso, bahwa disabilitas yang  meminta bantuan ke Baim Wong tersebut merupakan penerima bantuan sosial PKH. Bahkan istrinya juga penerima BPNT (Bantuan Pangan Non Tunai).

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: