Sukses

Kelurahan Ngronggo Kota Kediri Jadi Kampung Tangguh Bersih Narkoba

Kampung tangguh bersih narkoba tersebut merupakan program nasional yang diterapkan di setiap daerah termasuk salah satunya di Kota Kediri.

Liputan6.com, Kediri - Kelurahan Ngronggo, Kota Kediri, dinobatkan sebagai kampung tangguh bersih narkoba, realisasi dari program nasional yang diterapkan di setiap daerah.

Wakapolres Kediri Kota Komisaris Polisi Teguh Santoso mengemukakan, Kelurahan Ngronggo merupakan kelurahan pertama yang dinobatkan sebagai kampung tangguh bersih narkoba.

Kampung tangguh bersih narkoba tersebut merupakan program nasional yang diterapkan di setiap daerah termasuk salah satunya di Kota Kediri.

"Targetnya nanti seluruh kelurahan di Kota Kediri ini akan dinobatkan sebagai kampung tangguh bersih narkoba," katanya di Kediri, Rabu, 16 Juni 2021, dilansir dari Antara.

Ia menambahkan, ke depannya dalam pelaksanaan program kegiatan akan bersinergi dengan satuan reserse Narkotika dan Badan Narkotika Nasional (BNN) guna melakukan pencegahan peredaran Narkoba.

"Kami juga secara terus menerus akan melakukan pendampingan terhadap kampung tangguh bersih narkoba, secara berkala melakukan monitoring guna memastikan tidak ada kasus peredaran narkoba," kata dia.

Kepala Satpol PP Kota Kediri Eko Lukmono mengatakan bahwa perlu peran dari masyarakat dalam upaya pemberantasan narkoba.

"Pemberdayaan masyarakat dalam memerangi Narkoba menjadi salah satu kunci untuk menekan peredaran Narkoba di tingkat bawah," kata dia.

 

Saksikan Video Menarik Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Peran Masyarakat

Menurut Eko, keterlibatan aparat dalam melakukan penegakan kalau tidak disertai peran serta dari masyarakat nampaknya akan mustahil.

"Jadi dengan pembentukan kampung tangguh bersih narkoba ini menjadi salah satu embrio peran serta masyarakat dalam upaya untuk memberantas peredaran narkoba secara massive," kata Eko.

Sementara itu, Lurah Ngronggo, Kota Kediri Heru Sugiarto menyambut baik penobatan Kelurahan Ngronggo sebagai kampung tangguh bersih narkoba.

"Ke depan kami bersama dengan satgas antinarkoba dan elemen-elemen terkait lainnya akan terus melakukan sosialiasi dan edukasi kepada masyarakat tentang bahaya dari narkoba sebagai upaya untuk menekan peredarannya," kata Heru.

Heru menambahkan sejumlah kegiatan tersebut akan diwujudkan semenarik mungkin supaya dapat mengintervensi warga untuk menjauhi narkoba.

"Di antaranya berupa lomba-lomba, kampanye antinarkoba dengan kostum ronggo dan sinar, serta tidak lupa mengajak peran serta ibu-ibu PKK sebagai kader anti narkoba dalam lingkup keluarga," ujar dia.

Kegiatan peresmian kampung tangguh bersih narkoba tersebut juga dilakukan penandatanganan komitmen oleh elemen yang hadir dalam agenda tersebut, meliputi Polres Kediri Kota, Satpol PP, BNN, Kodim 0809, Bea Cukai, dan Eklesia Foundation.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.