Sukses

VIDEO: Ibu Rumah Tangga di Sidoarjo Ini Geluti Usaha Tali Masker, Bantu Ekonomi Keluarga

Liputan6.com, Jakarta Inilah dua ibu rumah tangga yang merupakan warga Sidoarjo, Jawa Timur, menggeluti kerajinan tali penghubung masker dari manik-manik. Usahanya kini dapat menambah penghasilan keuangan keluarga. Dengan bekal ketelatenan dan kreativitas, sehingga banyak diminati masyarakat lantaran terlihat modis saat dipakai dan praktis. Berikut video inspirasinya pada Liputan6, (17/6/2021).

Fani Febriati dan Dyah Prawito Sari, dua ibu rumah tangga, Jalan Trunojoyo, Sidoarjo ini, menggeluti tali penghubung masker dari manik-manik. Selain mengisi waktu setelah dirinya tidak bekerja, dampak pandemi Covid-19.

Usahanya kini bisa menambah keuangan keluarga, dengan bekal ketelatenan dan kreativitas, manik-manik ini dirangkai menjadi tali dan diberikan hiasan, sehingga lebih modis saat dipakai. Tali masker kini banyak diminati terutama kaum hawa, karena bisa berfungsi masker yang dikenakan tidak hilang atau lupa.

Riche Oktavia, salah satu pembeli mengatakan, ia sering mengenakan tali masker. Fungsi lainnya menjaga masker tetap bersih ketika dilepas, untuk digantung di leher.Selain orang dewasa, tali penghubung masker ini juga banyak dikenakan anak-anak karena praktis.

“Barangnya bagus, beda kayak di tempat-tempat lain, gampang rusak, saya bisa minta model sendiri, jadi minta custom bisa,” tutur Riche Oktavia, Pembeli Tali Penghubung Masker.

Membuat tali penghubung masker cukup mudah, pilih manik-manik, kemudian dirangkai ditali senar hingga panjang sesuai yang diinginkan, beri asesoris agar tampak lebih modis dan beri pengait. Asesoris penghubung tali masker siap dipakai.

Ide pembuatan penghubung tali masker ini berawal dari kebiasan pola hidup baru masyarakat mencegah penularan Covid-19. Berkat bisnis barunya, setiap bulan omzet yang dihasilkan mencapai Rp 4 juta.

“Kalau cara pembuatannya sih pada umumnya untuk bikin kalung, jadi kita rangkai sesuai model yang udah kita persiapkan, dan memang untuk bahan-bahannya juga kita kualitasnya ada premium, memang kita juga bahannya kita impor dari Cina dan India, ada juga bahan lokal yang kita ambil juga dari Kabupaten Malang, Sidoarjo juga ada, Surabaya juga ada,” terang Dyah Prawito Sari, Pembuat Tali Penghubung Masker.

Satu set tali penghubung masker lengkap dengan asesoris dijual Rp 15 ribu sampai Rp 100 ribu, tergantung model dan tingkat kerumitannya.