Sukses

Peran Penting Keluarga Cegah dan Tangani Stunting di Masa Pandemi

Diakuinya, kondisi pandemi seperti ini merupakan tantangan bagi siapapun, terutama orangtua yang tinggal di rumah bersama anak balitanya.

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Bina Keluarga Balita dan Anak BKKBN Safrina Salim menyatakan, keluarga memiliki peran penting dalam pencegahan maupun penanganan stunting.

"Pengasuhan memiliki tiga tujuan utama, yaitu memastikan anak sehat dan aman, menyiapkan anak untuk menjadi pribadi yang produktif di masa depan, serta mewariskan nilai-nilai budaya," ujarnya saat webinar edukasi bertajuk "Menjaga Ibu dan Anak Tetap Sehat dan Bugar", Rabu (7/7/2021).

BKKBN sendiri, kata dia, fokus membantu keluarga melalui pendekatan retrospektif, seperti promosi dan KIE pengasuhan 1.000 HPK, dan pemantauan dan intervensi tumbuh kembang anak balita melalui 83 ribu kelompok Bina Keluarga Balita (BKB).

"Selain itu, kami juga melakukan pendekatan prospektif dengan program kehamilan berencana untuk 66 juta remaja, program pengendalian jarak dan jumlah kelahiran, penerapan pola baru ANC, hingga edukasi tetnang gizi anak, kesehatan reproduksi, dan KB pada 25 juta ibu pascapersalinan,” tambah Safrina.

Diakuinya, kondisi pandemi seperti ini merupakan tantangan bagi siapapun, terutama orangtua yang tinggal di rumah bersama anak balitanya. Namun, orangtua terutama ibu tetap perlu tahu cara mengelola rasa stres dan bosan, tetap berdaya dan produktif saat di rumah, sembari memenuhi kebutuhan anak dan keluarga.

Sustainable Development Director Danone Indonesia Karyanto Wibowo menyatakan, pendukung penuh upaya pemerintah dalam pencegahan dan penanganan stunting

“Kami percaya pencegahan stunting perlu dilakukan dengan menjaga kesehatan manusia maupun lingkungannya. Melalui berbagai produk nutrisi dan hidrasi maupun program berkelanjutan, Danone Indonesia berkomitmen untuk berkontribusi pada target pemerintah untuk menurunkan tingkat stunting hingga 14% pada 2024," tukasnya.

Salah satu caranya adalah dengan mendukung kesehatan ibu dan anak melalui kerjasama dengan Rumah Bunda Sehat.

 

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bangun Kemandirian

Vice President Human Initiative Andjar Radite berterima kasih atas kerjasama dengan Rumah Bunda Sehat maupun Danone Indonesia, dukungan pemerintah, dan komitmen masyarakat dalam pencegahan stunting.

“Sebagai lembaga kemanusiaan yang bertujuan untuk membangun kemandirian masyarakat, kami fokus membangun pengetahuan dan keterampilan, hingga pemberdayaan masyarakat. Rumah Bunda Sehat merupakan salah satu betuk komitmen kami. Kami harap ini dapat mendorong lebih banyak kolaborasi untuk edukasi kesehatan ibu anak agar bisa sehat dan bugar,” tutup Andjar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.