Sukses

Pemkab Kediri Gelar Kegiatan Seni Budaya di Peringatan Bulan Bung Karno

Liputan6.com, Kediri - Pemerintah Kabupaten Kediri, menggelar kegiatan seni budaya memperingati Bulan Bung Karno yang jatuh pada Juni 2021, sekaligus melestarikan kesenian daerah.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kediri Adi Suwignyo mengemukakan kegiatan ini diselenggarakan dengan harapan memberikan hiburan kepada masyarakat.

"Ini sekaligus motivasi maupun ruang apresiasi dalam berkreasi dan berinovasi bagi para seniman kreator khususnya di Kabupaten Kediri agar tetap eksis untuk hidup tumbuh berkembang dalam bidang seni budaya," katanya di Kediri, Senin, 21 Juni 2021, dilansir dari Antara.

Ia menambahkan bahwa "punjer" dan gudangnya legenda baik yang bernuansa Panji maupun ceritera sejarah perjuangan lainnya juga ada di Kediri. Pemkab Kediri memberikan ajang bagi para seniman untuk selalu kreatif, salah satunya dalam kegiatan ini.

"Kemampuan dalam bereksplorasi melalui karya seni berbobot ini, sehingga (seniman, red.) mampu bersaing dengan perkembangan seni budaya pada saat ini," ujar dia.

Ia menambahkan pergelaran kesenian itu digelar pada Juni 2021, selain ajang pelestarian kesenian daerah, pada bulan ini juga Bulan Bung Karno, yang merupakan Presiden pertama Republik Indonesia.

 

2 dari 3 halaman

Tetaplah Jadi Orang Nusantara

Adi berharap, dengan semangat Bung Karno para seniman terus bersemangat pantang mundur untuk menunjukkan jati diri melalui seni budaya. Hal itu juga sesuai dengan pesan Bung Karno.

"Pesan bapak bangsa Presiden pertama Negara Republik Indonesia Ir. Soekarno yang harus selalu kita ingat sebagai insan budaya yaitu 'Tetaplah jadi orang nusantara dengan adat budaya nusantara yang kaya raya ini'," kata dia.

Adi juga menegaskan kegiatan ini juga digelar dengan protokol kesehatan yang ketat dan mengajak masyarakat selalu patuh pada protokol kesehatan dengan selalu mengenakan masker, rajin cuci tangan, karena saat ini masih pandemi COVID-19.

"Kami juga meminta agar masyarakat untuk tidak kendor semangat, tetap disiplin dan selalu mematuhi protokol kesehatan dalam rangka menjadikan Kabupaten Kediri 'Ayem tentrem gemah ripah loh jinawi karto dan raharjo'," ujar dia.

Kegiatan peringatan Bulan Bung Karno tersebut digelar di area Convention Hall Simpang Lima Gumul (SLG) Kabupaten Kediri pada 20-21 Juni 2021. Para seniman beratraksi dalam pergelaran tersebut. Selain ada yang menyanyi juga ada menari tarian tradisional.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Menarik Berikut Ini