Sukses

Miliki Peran Strategis Tentukan Karakter Bangsa, Guru Diharapkan Selalu Berinovasi

Guru merupakan tokoh utama yang memiliki peran strategis dalam membangun, meningkatkan, serta membentuk karakter anak didik.

Liputan6.com, Surabaya - Guru merupakan tokoh utama yang memiliki peran strategis dalam membangun, meningkatkan, serta membentuk karakter anak didik. Guru juga sangat berperan dalam membangun karakter dan kemajuan suatu bangsa.

Demikian disampaikan Ketua Pengurus Yayasan Pendidikan Astra Michael D Ruslim (YPA-MDR) Herawati Prasetyo pada diskusi virtual Ngopi (Ngobrolin Pembelajaran & Inspirasi) "Merancang Media Pembelajaran IPA dan Matematika Yang Menarik Bareng finalis Lomba inovasi Guru", Selasa (22/06/2021).

"Guru sebagai salah satu subsistem dalam sistem pendidikan nasional memiliki peran strategis dalam mempersiapkan peserta didik menjadi anak Indonesia yang cerdas seutuhnya, baik cerdas spiritual, emosional, sosial, intelektual, maupun kinestetis. Selain itu, guru juga memiliki peran strategis sebagai penggerak perubahan di dunia pendidikan," kata Herawati.

Menurutnya, guru yang memiliki strategi jitu, kreatif dan inovatif dalam menyajikan materi pada KBM (kegiatan belajar mengajar) akan menjadikan peserta didik mudah dan cepat menyerap materi pembelajaran yang disajikan. Untuk itu, dia berharap agar guru bisa terus melakukan inovasi-inovasi dalam kegiatan belajar-mengajar.

“Untuk mewujudkan peserta didik yang cerdas seutuhnya tentunya Guru diharapkan dapat melakukan inovasi dalam pembelajaran hal inilah yang selalu kami dorong melalui 4 pilar pembinaan akademis, karakter, seni Budaya dan kecakapan Hidup di 107 Sekolah binaan yang tersebar di seluruh Indonesia,” kata dia.

YPA-MDR kata Herawati mengaku sangat bangga, karena bisa menampilkan guru-guru terbaik binaannya yang merupakan finalis Lomba Inovasi Karya Guru (Linkar) tahun 2021 yang akan membagikan pengalaman tentang bagaimana dari sebuah keterbatasan mampu menciptakan inovasi berupa media pembelajaran.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pola Pembinaan

Masih kata Herawati, Pembuatan karya inovasi ini dihasilkan dari pola pembinaan yang selama ini aktif dilakukan oleh YPA-MDR terhadap Guru-guru binaan.

Selain itu, lanjut dia, YPA MDR juga selalu mendorong dan memfasilitasi para Guru binaannya untuk bisa mengikuti berbagai ajang lomba, seperti Lomba Inovasi Karya Guru (Linkar) yang diselenggarakan oleh PT. Astra Internasional Tbk bekerjasama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI yang diselenggarakan pada tahun 2021 dan di ikuti 6.170 karya inovasi dari seluruh Guru yang mengikuti Lomba tersebut.

"20 karya Inovasi dari Guru binaan YPA-MDR berhasil masuk sebagai finalis bahkan 6 diantaranya berhasil menorehkan prestasi yang membanggakan,” kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.