Sukses

7 Wisata Kuliner Pamekasan Madura yang Menggugah Selera, Wajib Dicicipi

Wisata kuliner Pamekasan Madura terdiri dari makanan-makanan tradisional yang legendaris.

Liputan6.com, Jakarta Wisata kuliner Pamekasan patut kamu cicipi saat berkunjung ke kabupaten yang berada di tengah pulau Madura ini. Seperti yang telah terkenal di Indonesia, Madura terkenal dengan satenya. Di Pamekasan kamu juga bisa menemukan kuliner sate khas yang unik. 

Berbagai kuliner khas Pamekasan ini mungkin akan sulit kamu temukan di wilayah lain. Maka dari itu, jangan sampai melewatkannya. Makanan khas seperti Sate Lalat, Kaldu Kokot, hingga Campur Lorjuk harus kamu cicipi sekali seumur hidup, tentunya jika kamu tidak ketagihan.

Wisata kuliner Pamekasan Madura terdiri dari makanan-makanan tradisional yang legendaris. Campuran bahan-bahan yang unik dengan bumbu khas Madura membuat cita rasa makanan khas Pamekasan ini semakin menggugah selera.

Berikut Liputan6.com rangkum dari KapanLagi, Selasa (22/6/2021) tentang wisata kuliner Pamekasan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Wisata Kuliner Pamekasan Madura

Sate Lalat

Wisata kuliner Pamekasan Madura yang pertama tentunya adalah sate, yaitu Sate Lalat. Sate ini bukannya terbuat dari lalat, namun nama ini disematkan karena ukurannya yang kecil-kecil. Bagi kamu pencinta sate madura, tentunya sate lalat ini harus dicicip sebagai salah satu jenisnya.

Tak berbeda jauh dengan sate Madura kebanyakan, kuahnya menggunakan kuah kacang kental dan daging yang digunakan adalah daging ayam. Kedai sate lalat yang cukup terkenal di Pamekasan ada di Jalan Niaga. Lokasinya berada di kawasan warung tenda Sae Selera. Satu porsi sate lalat biasanya berisi 20 tusuk sate plus lontong.

Nase' Jhajan

Nase' Jhajan yang terkenal sangat lezat dan menggoda selera ini merupakan wisata kuliner khas Pamekasan Madura. Jika kamu sedang berkunjung ke Pamekasan, kurang lengkap rasanya jika tidak menikmati makanan khas yang sangat legendaris ini.

Nase’ jhajan disajikan dengan pincukan daun pisang, dan disertai berbegai macam pilihan lauk, seperti telur kuah petis, daging, serundeng dan lain-lain. Sambal pedasnya juga akan menggoyang lidah penikmatnya. Makan sajian wisata kuliner Pamekasan ini dengan tangan sugguhlah nikmat. Kamu bisa mencicipi nase’ jhajan yang enak dan terkenal di wilayah Parteker, Pamekasan.

3 dari 4 halaman

Wisata Kuliner Pamekasan Madura

Kaldu Kokot

Wisata kuliner Pamekasan Madura berikutnya adalah Kaldu Kokot. Kaldu kokot alias kaldu kikil ini sebenarnya adalah sop kikil dan kaki sapi. Ia disebut sop karena kuliner satu ini masuk dalam kategori masakan yang memiliki kuah. Sebenarnya, kaldu kokot lebih menyerupai gulai atau rawon, namun ditambahkan dengan potongan kikil atau kulit dan tulang kaki sapi.

Satu porsi kaldu kokot disajikan lengkap dengan nasi atau potongan ketupat. Sebagai pelengkap tersedia juga perkedel ubi, kerupuk, lorji, atau kacang mete sebagai pilihan. Kamu bisa mengunjungi Warung Kaldu di Jalan Pintu Gerbang Nomor 46, Pamekasan, Madura. Warung ini memiliki resep kaldu kokot yang tetap terjaga secara turun temurun.

Campur Lorjuk Bu Hamidah

Campor Lorjuk ini merupakan wisata kuliner Pamekasan Madura, tepatnya di Kecamatan Pademawu. Bahan utama dari Campor Lorjuk tentu adalah Lorjuk itu sendiri. Lorjuk adalah sejenis kerang laut yang banyak ditemukan di tepi pantai pesisir Madura. Bentuknya yang panjang seperti bambu sehingga Lorjuk juga dikenal dengan kerang bambu atau kerang kuku. Jenis kerang bambu ini bisa ditemukan saat air laut sedang surut yang berada di bawah pasir pantai.

Satu porsi Campor Lorjuk terdiri dari irisan lontong, mie soun yang sudah dimasak, kacang (Oto') yang dimasak dengan bumbu manis, kecambah goreh, remahan peyek, kemudian disiram dengan kuah Campor Lorjuk dan taburan Lorjuk yang sudah dimasak di bagian atasnya sebagai topping. Campor Lorjuk tidak lagi membutuhkan campuran penyedap buatan karena rasa gurih kuahnya yang berasal dari rebusan Kerang Bambu sudah sangat gurih.

 

4 dari 4 halaman

Wisata Kuliner Pamekasan Madura

Nase' Ramoy

Nase' Ramoy merupakan salah satu wisata kuliner Pamekasan Madura yang unik. Kuliner pamekasan satu ini menyajikan paduan nasi putih dengan daging yang gurih, serta jeroan sapi yang dimasak dengan bumbu merah yang terasa empuk. Menu ini nantinya dilengkapi dengan siraman kecap dan irisan cabe rawit diatasnya. Kamu bisa mengunjungi warung Nasi Barokah, yang terletak di Jalan Pintu Gerbang No. 130 A Pamekasan untuk menikmati Nase’ Ramoy yang menggugah selera ini. Harganya juga cukup terjangkau.

Rujak Tajin Ibu Farida

Wisata kuliner Pamekasan berikutnya adalah Rujak Tajin Ibu Farida di Jalan Purba Pamekasan. Rujak ini sering juga disebut dengan rujak bubur. Untuk membuat rujak bubur ini, selain bubur, bahan yang digunakan seperti kacang sangrai, petis, ikan tuna khas Madura, mentimun, sayuran dan cingur sapi.

Menggunakan cowek besar, butiran kacang dihaluskan bersama tomat dan cabai sambil diberi petis beserta bumbu yang sudah halus. Selanjutnya, dicampur dengan timun yang dicacah, sayuran, dan tidak lupa cingur dengan kupuk tette khas Pamekasan turut dibubuhkan. Lalu diulek lagi agar bumbu merata. Sebelum dihidangkan bubur ini dipasang di atas piring, lalu ditumpangi racikan bumbu rujak yang sudah dicampur. Tentunya sanagat menggugah selera siapa saja yang ingin menikmatinya.

Soto Ayam Keppo Pamekasan

Bicara soal Soto Ayam Madura salah satu tempat yang terkenal adalah Soto Ayam di Jalan Raya Keppo. Wisata kuliner Pamekasan ini rasanya gurih dan nikmat. Ayam yang digunakan dalam kuliner ini menggunakan ayam kampung dan dimasak dengan teknik tersendiri sehingga menghasilkan soto yang gurih.

Soto ayam ini diberi irisan daging ayam yang empuk, soun, telur rebus dan perasan jeruk nipis dan dihidangkan dengan lontong atau nasi. Sedangkan Soto Ayam Madura ini kuahnya cenderung bening dengan rasa yang ringan dan tidak berasa rempah. Isiannya berupa potongan ayam kampung, telur, kentang rebus dan kerupuk semacam peyek yang dihancurkan serta taburan bawang goreng di atasnya. Kamu bisa makan dengan ketupat atau nasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini