Sukses

Kejar Rasio Elektrifikasi 100 Persen, PLN Jatim Percepat Aliri Listrik 13 Desa di Sumenep

Liputan6.com, Surabaya - Manager Unit Pelaksana Proyek Kelistrikan (UP2K) Jawa Timur (Jatim) Imam Asrori mengungkapkan, dari 38 kabupaten/kota di Jatim, terdapat 13 daerah yang belum mencapai rasio elektrifikasi 100 persen PLN.

"Kabupaten Sumenep dengan rasio elektrifikasi 71,68 persen menjadi salah satu pekerjaan rumah bagi PLN Unit Induk Distribusi Jawa Timur untuk dapat mewujudkan rasio elektrifikasi 100 persen di Jawa Timur," ujarnya, Selasa (22/6/2021).

"Setidaknya terdapat 13 desa di Kabupaten Sumenep yang belum terlistriki dan hingga kini sedang dalam proses survei, pembangunan pembangkit dan pemasangan tiang jaringan secara bertahap," ucap Imam.

13 desa tersebut diantaranya adalah Masalima, Sukajeruk, Karamian, Sepanjang, Tanjung Keok, Saur Saibus, Saseel, Sadulang, Pagerungan Besar, Lombang, Jate, Banbaru dan Banmeleng.

"Seluruhnya tersebar dibeberapa pulau seperti Masalembu, Karamian, Sepanjang, Saur, Saseel, Sadulang besar, Pegerungan Besar dan Gili Raja yang menjadi bagian dari wilayah kerja Unit Layanan Pelanggan (ULP) Kangean dan Sumenep, UP3 (Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan) Pamekasan," ujar Imam.

"Ditargetkan pada tahun 2022/2023, pembangunan pembangkit dan pemasangan jaringan listrik dapat selesai dan dioperasikan sehingga masyarakat 13 desa dengan potensi 16.160 pelanggan tersebut dapat menikmati aliran listrik dari PLN," ucapnya.

Upaya melistriki pulau-pulau kecil di Madura ini tak jarang menemui berbagai macam kendala seperti perijinan kawasan untuk pembangunan pembangkit dan pemasangan jaringan listrik, kondisi geografis yang sulit, sarana transportasi terbatas.

Serta kondisi dermaga yang kecil sehingga tidak dapat disinggahi kapal besar pengangkut material menuju ke pulau hingga cuaca ekstrem yang kerap melanda kepulauan sehingga petugas kesulitan untuk dapat melakukan survei, membawa material maupun melaksanakan pekerjaan pembangunan.

"Melistriki kepulauan bukan perkara yang mudah mulai dari medan yang sulit ditempuh, infrastruktur yang amat minim hingga lokasi geografis yang sulit dijangkau. Terlebih di tengah pandemi seperti ini transportasi antar pulau juga tidak mudah," ujar Manager ULP Kangean, Muhammad Daan Agung Lazuardi.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Komitmen

"Namun hal tersebut tidak menyurutkan semangat kami untuk dapat menyalurkan tenaga listrik untuk masyarakat sehingga mampu mendorong pertumbuhan ekonomi," ucapnya.

Dia menegaskan, pihaknya berkomitmen untuk terus melistriki hingga pelosok negeri meski terkadang tak mudah dalam pelaksanaannya.

"Dan upaya untuk mencapai angka rasio elektrifikasi 100 persen membawa harapan agar listrik dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat dan mampu membawa perubahan serta pertumbuhan ekonomi, tak hanya di Jawa Timur tetapi juga di Indonesia," ujarnya.

Rasio elektrifikasi merupakan perbandingan jumlah pelanggan rumah tangga yang telah terlistriki dengan jumlah rumah tangga secara keseluruhan. Hingga Mei tahun 2021, angka rasio elektrifikasi Jawa Timur telah mencapai 103.53 persen, melampaui target yang diperkirakan dapat mencapai angka 100 persen pada akhir tahun 2021.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.