Sukses

RSDC Tulungagung Tambah 16 Ranjang Antisipasi Lonjakan Kasus Covid-19

Liputan6.com, Tulungagung - Dinas Kesehatan Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, menginstruksikan penanggung jawab Rumah Sakit Darurat COVID-19 di Rusunawa UIN SATU untuk menambah ranjang rawat inap guna mengantisipasi lonjakan kasus baru.

"Untuk mengantisipasi penuhnya kapasitas ranjang yang ada, kami menambah 16 ranjang untuk mengantisipasi jika terjadi penambahan kasus baru dalam jumlah banyak," kata Kepala RSDC UIN SATU Tulungagung Heru Nurcahyono, Selasa, 22 Juni 2021.

Selama ini kapasitas RSDC yang telah dipersiapkan untuk menampung pasien COVID-19 tidak bergejala sebanyak 136 tempat tidur. Namun, dari jumlah persediaan itu, okupansi RSDC saat ini telah mencapai 127 ranjang atau 90 persen lebih, dilansir dari Antara.

Sisanya yang sembilan tempat tidur diperkirakan segera terpenuhi atau bahkan kekurangan tempat tidur jika besok atau selanjutnya terjadi penambahan kasus baru lagi sementara pasien sembuh lebih sedikit.

"Salah satu penyebab penuhnya okupansi RSDC adalah temuan konfirmasi positif kluster latihan dasar (latsar) ASN di Surabaya yang cukup banyak," katanya.

 

Saksikan Video Menarik Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

72 Positif Covid-19

Dari total 176 calon ASN, sebanyak 72 positif COVID-19. Selain itu masih ada enam mentor yang juga positif dan kini lima di antaranya harus menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing.

Jumlah mentor yang tercatat ikut mendampingi latsar ASN sebenarnya ada 155 orang. Namun, dari jumlah itu hanya 101 orang yang datang.

Tindakan penelusuran (tracing) terhadap mereka, menyusul terkonfirmasinya 47 calon ASN, lantaran ada kekhawatiran bahwa 130 calon ASN dan 155 mentor itu tertular dari 47 yang positif.

"Jadi totalnya ada 185 orang yang kami tes. Ini untuk menuntaskan penelusuran pada calo PNS dan orang yang kontak dengannya,” kata Didik.

Dari 185 yang dilakukan tes usap antigen itu, ditemukan 28 yang positif. Mereka terdiri dari 22 calon ASN dan enam mentor.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.