Sukses

Tersisa 9 Tempat Tidur di RS Darurat Covid-19 Tulungagung, Solusinya?

Liputan6.com, Tulungagung - Rumah Sakit Darurat COVID-19 di Rusunawa UIN SATU Kabupaten Tulungagung saat ini kondisinya dipenuhi pasien tidak bergejala seiring terjadinya lonjakan kasus dalam sepekan terakhir.

Kepala RSDC UIN SATU Tulungagung Heru Nurcahyono pada Selasa, 22 Juni 2021, mengungkapkan dari total 136 tempat tidur yang tersedia, saat ini sebanyak 127 tempat tidur telah diisi pasien terkonfirmasi COVID-19.

Sembilan tempat tidur (bed) tersisa dikhawatirkan tidak cukup menampung jika terjadi penambahan kasus dalam jumlah lebih banyak lagi, dilansir dari Antara.

"Untuk mengantisipasi penuhnya kapasitas bed ini, kami menambah 16 bed untuk mengantisipasi jika terjadi penambahan kasus baru dengan jumlah banyak," katanya.

Dijelaskan, salah satu penyebab penuhnya okupasi RSDC adalah temuan konfirmasi positif klaster Latsar ASN di Surabaya yang cukup banyak.

 

Saksikan Video Menarik Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tindakan Penelusuran

Dari total 176 orang calon ASN, sebanyak 72 orang dinyatakan positif COVID-19. Selain itu, masih ada enam orang mentor yang juga positif terpapar virus corona dan kini lima orang di antaranya harus menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing.

Jumlah mentor yang tercatat ikut mendampingi Latsar ASN sebenarnya ada 155 orang, namun dari jumlah itu hanya 101 orang yang datang.

Tindakan penelusuran dilakukan terhadap mereka, menyusul terkonfirmasinya hasil tes usap PCR atas 47 orang calon ASN. Hal itu karena ada kekhawatiran bahwa 130 orang calon ASN dan 155 orang mentor itu tertular dari para calon ASN yang positif.

"Jadi, totalnya ada 185 orang yang kami tes. Ini untuk menuntaskan tracing calon ASN dan kontaknya,” kata Didik.

Dari 185 orang yang dilakukan tes usap antigen itu, ditemukan sebanyak 28 orang yang positif, terdiri dari 22 orang calon ASN dan enam mentor.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.