VIDEO: Melihat Lebih Dekat Budi Daya Lobster Keramba Dasar Laut di Grand Watu Dodol

VIDEO: Melihat Lebih Dekat Budi Daya Lobster Keramba Dasar Laut di Grand Watu Dodol

Nelayan di perairan Pantai Grand Watu Dodol, Banyuwangi, mengembangkan usaha budi daya lobster keramba dasar laut. Model keramba dasar ini bisa menjadi alternatif budi daya lobster di daerah perairan, dengan ombak besar dan kualitasnya tak kalah dengan lobster yang dipanen dari alam.

Kawasan pantai Grand Watu Dodol di Kecamatan Wongsorejo, Banyuwangi, kini tak hanya sebagai tujuan wisata. Kini setelah kelompok nelayan membudidayakan lobster keramba dasar laut. Lima jenis lobster dibudidayakan, yakni lobster pasir, batik, bambu, batu, hingga lobster jenis mutiara. Berikut seperti dilansir pada Liputan6, (21/6/2021).

Membudidayakan lobster di perairan Selat Bali ini tergolong mudah, cukup menyiapkan keramba berukuran 3x3 meter, lalu ditenggelamkan di dasar laut sedalam 10 meter. Perairan Selat Bali berarus deras dan air laut yang bersih membuat kualitas pertumbuhan lobster tak kalah dengan lobster yang dipanen secara alami.

Dalam 4 bulan sekali, nelayan memanen minimal 1 kuintal lobster dari tiap keramba dan diekspor ke Vietnam, Singapura, hingga Cina. Selain diperjualbelikan, sebagian lobster dilepasliarkan ke habitat aslinya, agar ekosistem tetap terjaga.

"Semua di sini pelaku-pelaku pariwisata sebetulnya, di saat pariwisata ini mulai kurang menggeliat, kami dan kelompok berinisiatif supaya ada penghasilan tambahan melalui budi daya ini, dan Alkhamdulillah sekarang teman-teman sudah merasakan bagaimana kita mengkolaborasikan antara budi daya dan pariwisata, kalau jualnya memang ada pengepulnya, tapi pasarnya ekspor Cina, Singapura, dan Vietnam," kata Abdul Azis, Ketua Kelompok Nelayan Pesona Bahari.

Tak hanya membantu perekonomian nelayan saat pandemi, budi daya lobster keramba dasar laut juga menjadi sarana edukasi bagi nelayan lain dan wisatawan yang berkunjung, sambil diving maupun snorkeling. Wisatawan tak hanya disuguhi keindahan terumbu karang, namun bisa melihat langsung budi daya lobster dalam keramba di dasar laut.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 23 June 2021, 09:38 WIB

Video Terkait

Spotlights