Sukses

7 Pegawai di Kantor PSC 119 Dinkes Kota Malang Positif Covid-19

Liputan6.com, Malang - Tujuh pegawai Public Safety Center (PSC) 119 Kota Malang positif terinfeksi virus korona baru. Selain itu, seorang anggotanya meninggal dunia karena kecelakaan usai bertugas membantu pemakaman pasien Covid-19 di Malang.

PSC 119 merupakan unit gawat darurat di bawah Dinas Kesehatan Kota Malang. Dalam penanganan Covid-19 di Malang, mereka salah satu garda depan. Tugasnya, mengevakuasi pasien dari rumah ke rumah sakit hingga membantu membawa jenasah dengan ambulans.

“Mereka yang terkonfirmasi positif itu selama ini bekerja di kantor, sedangkan untuk petugas lapangannya hasil swab tes negatif,” kata Wali Kota Malang, Sutiaji, Senin, 28 Juni 2021.

Bermula dari ada keluarga dari seorang pegawai PSC 119 positif terinfeksi. Dari situ kemudian total 28 pegawai di kantor lalu dites antigen dan hasilnya ada tujuh orang dinyatakan positif tertular Covid-19.

“Jadi hasil pelacakan ada salah satu yang terpapar dari anggota keluarga,” ucap Sutiaji.

Tujuh pegawai itu dibawa ke rumah karantina di Jalan Kawi untuk diisolasi. Untuk sementara kantor layanan ditutup, tim juga langsung melakukan disinfeksi. Sedangkan petugas lapangan tetap bekerja seperti biasa, membantu pemakaman pasien Covid-19 di Malang.

“Petugas lapangan bagian pemakaman tidak ada yang tertular, jadi mereka tetap bertugas sesuai prosedur,” kata Sutiaji.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

2 dari 2 halaman

Anggota Meninggal

Sementara itu, seorang petugas lapangan PSC 119 meninggal dunia karena kecelakaan. Peristiwa kecelakaan itu terjadi pada Senin dini hari, usai korban bertugas membantu pemakaman pasien Covid-19 di Malang.

“Almarhum baru selesai membantu pemakaman jenazah pasien Covid-19 di TPU Sukun,” ucap Sutiaji.

Sementara itu berdasarkan data Info Covid-19 Jawa Timur, sampai dengan 28 Juni 2021 siang, total kasus terkonfirmasi positif Covid-19 ada 7.031 kasus. Dari jumlah kasus itu, 660 pasien meninggal dunia, 6.193 pasien telah sembuh dan 178 pasien masih dirawat.