Sukses

Lawan Covid-19, Relawan Ini Bagi Sembako, Vitamin hingga Siapkan Ambulans Darurat

Liputan6.com, Jakarta - Upaya melawan penyebaran Covid-19 terus dilakukan oleh pemerintah dan didukung sejumlah kelompok masyarakat.

Relawan Solidaritas Merah Putih atau Solmet misalnya, menggagas aksi sosial dengan membagikan paket sembako dan vitamin kepada warga terdampak Covid-19 di sejumlah daerah. Tak hanya itu, relawan ini juga membantu masyarakat dengan penyemprotan disinfektan gratis rumah-rumah warga dan tempat ibadah untuk mencegah penyebaran virus corona yang saat ini makin merajalela.

"Kita juga melakukan evakuasi warga yang terpapar Covid 19 dengan ambulance Solmet dan mobil pribadi yang sudah di modifikasi hingga aman untuk mengangkut Pasien yang terpapar Covid 19 ke rumah sakit," ujar Ketua Umum Solmet Silfester Matutina, Jumat (3/7/2021).

Ketua Solmet DPD Kota Depok Adriani Kena menambahkan, sejak covid-19 melonjak Juni ini, pihaknya berinisiatif evakuasi warga yang terpapar Covid 19 memakai Ambulance Solmet karena minimnya ambulans yang bisa beroperasi mengangkut Pasien Covid 19.

"Semoga apa yang kami lakukan ini bisa menginspirasi relawan dan masyarakat lain untuk turut saling membantu dan bersatu melawan Covid 19," ujarnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

2 dari 2 halaman

Utamakan Prokes

Menurutnya, yang paling penting saat ini adalah bagaimana membantu masyarakat dan mendukung kebijakan pemerintah untuk mengatasi krisis kesehatan dan ekonomi akibat Covid 19.

"Kami berharap masyarakat disiplin menerapkan Protokol Kesehatan. Jangan percaya hoaks bahwa Covid tidak ada dan tidak berbahaya. Percuma pemerintah dan tenaga kesehatan berjibaku melawan Covid 19 tapi rakyat malah acuh dan tidak mau disiplin menerapkan protokol kesehatan," ujarnya.

 

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China
    COVID-19
  • Solmet