VIDEO: RSUD Malang Kewalahan, Jenazah Pasien Covid-19 Kian Melonjak

VIDEO: RSUD Malang Kewalahan, Jenazah Pasien Covid-19 Kian Melonjak

Angka kematian karena Covid-19 di Kota Malang melonjak tajam, sehingga kamar jenazah RSUD Malang penuh dan sangat kewalahan. Kesibukan tim pemulasaraan jenazah di Instalasi Kedokteran Forensik atau kamar jenazah Rumah Sakit Saiful Anwar, Malang, kian bertambah.

Mereka kewalahan dengan lonjakan kematian pasien Covid-19 yang mencapai puluhan orang dalam sepekan terakhir. Jumlah jenazah sudah melebihi daya tampung kamar mayat. Peti-peti jenazah pun meluber ke teras. Begitupun dengan hilir mudik mobil ambulans. Seakan tak pernah berhenti membawa jenazah pasien Covid-19 ke pemakaman.

"Sepekan terakhir ini bisa dibilang sudah di atas 10 rata-rata per harinya," kata Akbar, Kepala UPT Pengelola Pemakaman Umum.

Wali Kota Malang mendesak pemerintah pusat untuk menerapkan peraturan menyeluruh di setiap daerah dengan angka penderita Covid-19.

"Ternyata lonjakannya luar biasa, dulu sudah saya sampaikan, bahwa di Kota Malang itu 21,48 persen 2 minggu yang lalu, tapi sekarang sudah melonjak 80 persen, itu kan luar biasa," terang Sutiaji, Wali Kota Malang.

Hingga saat ini keterisian ruang tidur dan rawat rumah sakit rujukan Covid-19 di Kota Malang sudah penuh. Pemkot Malang pun harus mengajukan penambahan sarana tersebut ke Pemerintah Provinsi. Demikian seperti dilansir Fokus, (2/7/2021).

Ringkasan

Oleh Didi N pada 05 July 2021, 09:46 WIB

Video Terkait

Spotlights