Sukses

Pemkot Kediri Kerahkan ASN Kirim Bansos untuk Warga Isoman

Liputan6.com, Kediri - Pemerintah Kota Kediri, Jawa Timur, mengerahkan aparatur sipil negara guna menyalurkan bantuan sosial untuk warga yang melakukan isolasi mandiri karena terpapar COVID-19.

Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar mengemukakan pihaknya mengerahkan seluruh pegawai di organisasi perangkat daerah (OPD) untuk membantu dinas sosial dalam pendistribusian bansos menggunakan mobil operasional.

"Kita harus bersinergi, gotong royong untuk mempercepat penanganan COVID-19 di Kota Kediri, termasuk pelayanan pada warga yang isoman," katanya di Kediri, Kamis, 8 Juli 2021, dilansir dari Antara.

OPD yang dilibatkan adalah seluruhnya di Kota Kediri. Mereka dibagi menjadi beberapa bagian. Untuk penyaluran awal, instansi, selain dinsas sosial, yang dilibatkan adalah dinas perhubungan, inspektorat, dan DP3P2KB Kota Kediri. Tiga OPD tersebut dibagi area distribusi per kecamatan dengan total 49 paket yang harus dikirim ke kelurahan.

Kepala Dinas Sosial Kota Kediri Triyono Kutut mengemukakan sejak 28 Juni 2021, Pemkot Kediri telah menyalurkan 500 paket bantuan sosial untuk warga yang isolasi mandiri karena terpapar COVID-19. Dalam sehari permohonan bansos untuk isolasi mandiri bisa mencapai 90 paket.

"Rata-rata permohonan datang dari 15 kelurahan, bahkan lebih. Ini berbeda dengan kondisi sebelum Juni 2021. Sebelumnya, dinas sosial hanya melakukan distribusi pada Hari Kamis. Hal ini dilakukan untuk efisiensi mobilitas karena terkadang hanya satu dua pemohon dalam sehari," kata dia.

 

2 dari 3 halaman

Isolasi Mandiri

Ia juga sangat mengapresiasi kebijakan seluruh OPD dilibatkan untuk bantuan personel tersebut. Hal itu juga menindaklanjuti arahan Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar agar segala hal segera diselesaikan dengan cepat.

Pemkot Kediri membagikan bantuan sosial plus untuk warga yang isolasi mandiri. Bantuan sosial untuk warga yang isolasi mandiri karena terdampak COVID-19 ini memiliki besaran yang lebih banyak daripada bantuan sosial isolasi mandiri yang sebelumnya.

Total per paket bantuan sosial bahan pokok plus tersebut senilai Rp500 ribu yang dibagikan kepada setiap KK yang sedang melaksanakan isolasi mandiri akibat terpapar COVID-19.

Isi dari setiap paket bahan pokok plus tersebut, meliputi 20 kilogram beras, 3 kilogram telur, 4 liter minyak goreng, empat kaleng sarden dan dua botol kecap. Pemkot juga memberikan dua kotak masker medis.

Di Kota Kediri, hingga Rabu (7/7) terdapat 1.694 orang yang telah terkonfirmasi positif COVID-19. Ada 34 yang suspek dan 46 probable.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Menarik Berikut Ini