Sukses

VIDEO: RSUD Pacitan Kekurangan Petugas Pemulasaraan Jenazah COVID-19

Liputan6.com, Jakarta Banyaknya jumlah pasien Covid-19 yang meninggal dunia dalam kurun waktu belakangan ini, membuat petugas pemulasaraan jenazah di RSUD dr. Darsono Pacitan, Jawa Timur, menjadi kewalahan.

Apalagi di rumah sakit milik pemerintah daerah ini hanya ada dua petugas yang mengurus pemulasaraan jenazah, akibatnya mereka harus selalu berada di kamar jenazah.

Selain petugas pemulasaraan terdapat pula petugas pemakaman sebanyak enam orang, yang terdiri dari relawan dari BPBD. Menurut petugas pemulasaraan, dalam waktu 2 hari sudah ada 22 pasien Covid-19 yang meninggal dunia. Berikut seperti dilansir pada Liputan6, (11/7/2021).

Dengan rincian, pada hari Jumat (09/7) ada 14 orang yang meninggal dunia, dan pada hari Sabtu, delapan orang. Dengan demikian, selama bulan Juli sudah ada 71 pasien Covid-19 yang meninggal dunia.

“Kita di kamar jenazah hanya berdua, jadi kita motivasi keluarga untuk bersabar karena keterbatasan, ya di sopir ambulans kita bagi,” ungkap Ahmad Jaidin, Petugas Pemulasaraan Jenazah.

“Untuk penambahan tenaga kesehatan, Insya Allah ini sudah ada tambahan dan kita juga mempersiapkan, ketika kemungkinan ini nanti masih kurang,” terang Indrata Nur Bayuaji, Bupati Pacitan.

Selain menumpuknya jenazah pasien Covid-19, Kabupaten Pacitan saat ini juga mengalami krisis tenaga medis. Karena sebagian dari mereka terpapar Covid-19, mereka membutuhkan waktu untuk isolasi mandiri dan perawatan sebelum kembali bekerja.