Sukses

ODGJ Cantik Ponorogo yang Kisahnya Viral Kini Dirawat RSUD Harjono

Berkat program bebas pasung Pemkab Ponorogo, Rina akhirnya bisa mendapatkan perawatan medis yang lebih baik.

Liputan6.com, Ponorogo - Rina (20) warga Dukuh Kaleng Ponorogo, yang berkulit putih bersih dan paras cantik kini dirawat di  RSUD Harjono Ponorogo dan rencananya akan dirujuk ke Solo. Rina dirawat karena ada gangguan kejiwaan.

Rina sebelumnya " dikurung" oleh keluarganya karena menderita gangguan jiwa atau orang dengan gangguan jiwa (ODGJ). Cerita Rina sempat viral di youtube lantaran kisahnya yang menyentuh.

Namun berkat program bebas pasung Pemkab Ponorogo, Rina akhirnya bisa mendapatkan perawatan medis yang lebih baik.

Kepala Desa Ngebel Ponorogo Mujiono menceritakan awal remaja cantik itu menjadi ODGJ. Menurutnya kejadian aneh menimpa Rina terjadi kurang lebih 4 tahun yang lalu.

"Rina tiba-tiba pingsan, lantas setelah sadar dia tidak bisa mengingat siapa dirinya," ujar Mujiono dikutip dari TimesIndonesia.

Sebelum dibawa ke RSUD, Rina tinggal di sebuah kamar yang layak huni, namun sengaja dikunci dari luar.

Rina pun beraktivitas di dalam ruangan itu setiap harinya. Pada bagian pintu diberi lubang sehingga jika minta sesuatu bisa memberi tahu yang di luar.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sengaja Dikurung

"Keluarga sengaja mengurung Rina, bukan karena ngamuk melainkan takut melarikan diri seperti sebelumnya. Kondisinya bersih dan sangat terawat dan sepintas tidak terlihat dia adalah ODGJ," ulas Mujiono.

Ia juga menjelaskan, sang Ibu sudah melakukan banyak cara untuk mengobati putrinya namun belum membuahkan hasil. Hingga akhirnya ada program bebas pasung yang memberikan kesempatan Rina berobat kembali. Sampai hari ini Rina masih dirawat di RSUD dr Harjono Ponorogo dan rencananya akan dirujuk ke RSJ di Solo. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.