Sukses

Rumah Sakit Penuh, 200 Pasien Covid-19 di Kota Malang Isoman

Lebih dari 200 pasien Covid-19 di Kota Malang menjalani isolasi mandiri akibat tidak adanya tempat isolasi di RS Rujukan Covid-19 di Kota Apel tersebut.

Liputan6.com, Surabaya - Lebih dari 200 pasien Covid-19 di Kota Malang menjalani isolasi mandiri akibat tidak adanya tempat isolasi di RS Rujukan Covid-19 di Kota Apel tersebut.

Kepala Dinkes Kota Malang Husnul Muarif mengatakan, hingga saat ini masih ada kematian pasien Covid-19 yang isoman. Apalagi, jumlahnya juga masih bisa terus bertambah.

"Yang isoman itu di atas 200 (pasien Covid-19). Untuk yang meninggal itu di atas 15 dan itu masih kumulatif," ujar Husnul, Selasa (13/7/2021) dikutip dari TimesIndonesia.

Husnul mengatakan, para pasien isoman sambil menunggu ketersediaan tempat tidur di sejumlah RS Rujukan.

Untuk itu, Husnul meminta para pasien Covid-19 yang isoman harus melaporkan ke puskesmas di wilayahnya masing-masing.

"Dari itu nanti puskesmas akan menindaklanjuti dengan tracing dan testing. Sekaligus puskesmas memberikan beberapa arahan dan rekomendasi bagaimana pasien Covid-19 menjalani isolasi mandiri yang aman di rumah," ucapnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

RST Soepraoen Beroperasi

Rumah sakit lapangan di area Rumah Sakit Tentara (RST) dr Soepraoen di Kota Malang, mulai dioperasikan untuk menangani pasien positif COVID-19 dengan gejala ringan.

Wali Kota Malang Sutiaji mengapresiasi langkah cepat TNI dalam upaya menambah kapasitas rumah sakit rujukan penanganan COVID-19.

"Ini direspons cepat. Tidak dalam hitungan hari, tapi hitungan jam. Ini tugas TNI yang dibutuhkan oleh masyarakat. Terima kasih telah membantu pemerintah dalam melayani pasien COVID-19," katanya di Malang, Senin (12/7/2021), dilansir dari Antara.

Saat ini bed occupancy ratio (BOR) rumah sakit rujukan COVID-19 penuh, seiring peningkatan kasus konfirmasi positif terinfeksi virus corona.

Rumah sakit lapangan di RST dr Soepraoen Kota Malang diharapkan bisa menambah kapasitas rumah sakit rujukan penanganan COVID-19 dan menurunkan angka BOR. Kapasitas rumah sakit lapangan tersebut untuk saat ini mampu menampung 100 pasien.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.