Sukses

Pengamat: Vaksinasi Door to Door BIN Perlu Didukung

Liputan6.com, Jakarta - Pengamat Sosial Keamanan dari Ubhara Jaya Djuni Thamrin menyatakan, apa yang dilakukan oleh Badan Intelijen Negara (BIN) dengan melakukan vaksinasi door to door adalah terobosan baru yang perlu didukung semua pihak.

"Bahkan perlu ditiru oleh pihak instansi lain sebagai stakeholder dari program vaksinasi itu sendiri," ujarnya Senin (19/7/2021).

Dia menyatakan, sebagian dari masyarakat terkadang memang harus dilayani dengan " jemput bola", termasuk dalam hal vaksinasi Covid-19. Selain dapat membuat akselerasi vaksinasi tercapai, juga dapat memberi pendidikan positif kepada publik.

"Kita semua harus mengedepankan rasa kemanusiaan. Jangan lagi berdebat soal siapa dan oleh siapa. Dalam perkara vaksinasi, yang penting tenaga teknisi di lapangan adalah orang yang ditunjuk pemerintah untuk melakukan vaksinasi. Tapi soal siapa yang menggerakkan adalah nomor sekian yang tidak penting untuk diperdebatkan," terangnya.

Masyarakat harus mendukung tidak hanya pada BIN, siapapun yang dapat menggerakkan proses vaksinasi ini. Karena Indonesia masih tergolong Negara yang tingkat vaksinasinya rendah.

 

2 dari 3 halaman

Terobosan

"Ini perlu terobosan, salah satunya seperti yang dilakukan oleh BIN," sambungnya.

Dia menambahkan, sekarang waktunya untuk bertindak memberikan dukungan langsung buat membantu menyiapkan warga agar siap untuk divaksin.

"Negara yang segera dapat keluar menjadi pemenang terhadap pandemi, adalah negara yang berdisiplin dan hasilnya kita bisa menyelamatkan bangsa dan masa depannya," katanya.

 

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: