Sukses

Pemkot Malang Cari Relawan Petugas Pemakaman dan Pemulasaran Covid-19, Tertarik?

Liputan6.com, Malang - Pemkot Malang sejak pekan lalu mengumumkan membuka pendaftaran relawan untuk penanganan Covid-19 di Malang. Kebijakan itu sebagai upaya membantu petugas di lapangan yang sudah kewalahan karena peningkatan kasus.

Kebutuhan relawan Covid-19 di Malang kota itu terbagi dalam dua tugas. Yakni pada Dinas Lingkungan Hidup untuk membantu petugas pemakaman. Serta petugas pemulasaran jenasah di RSUD Kota Malang.

Juru bicara Satgas Covid-19 Kota Malang, Nur Widianto, mengatakan sejauh ini sudah ada relawan yang mendaftar untuk membantu petugas pemakaman.

“Petugas pemakaman semula hanya tiga tim sekarang sudah bertambah jadi empat tim. Tiap tim itu terdiri dari delapan orang,” kata Nur Widianto di Malang, Senin, 19 Juli 2021.

Meski begitu, masih diperlukan sedikitnya satu tim lagi untuk membantu petugas pemakaman. Sedangkan untuk petugas pemulasaran, dari informasi sementara sudah ada 20 orang mendaftarkan diri.

Calon relawan itu sendiri harus memenuhi beberapa syarat seperti usia minimal 18 tahun. Dalam bertugas nantinya relawan akan diberi pelatihan, khususnya petugas pemulasaran agar dalam bekerja tetap sesuai prosedur.

Bila memenuhi syarat maka para relawan itu dapat segera terjun terlibat dalam penanganan Covid-19 di Malang kota. Mereka juga akan diberi honor, namun tak diumumkan berapa nilai rupiah yang akan diterima itu.

“Ada (honor), tapi itu langsung pada masing – masing instansi yang tahu,” ujar Nur Widianto.

2 dari 3 halaman

Update Covid-19 di Malang

Kasus Covid-19 di Kota Malang sejak satu bulan terakhir ini meningkat pesat. Bahkan dalam sepekan terakhir ini rata – rata kasus harian tembus di atas 100 kasus per hari. Rekor kasus harian tertinggi adalah sebanyak 310 kasus terjadi pada 13 Juli 2021.

Sementara itu berdasarkan data Satgas Covid-19 Kota Malang, sampai dengan 18 Juli 2021 total kasus terkonfirmasi positif Covid-19 ada sebanyak 8.865 kasus. Dari jumlah kasus itu, 1.731 pasien masih dirawat, 6.434 pasien telah sembuh dan 700 pasien meninggal dunia,.

Lalu kasus suspek Covid-19 ada sebanyak 8.433 pasien suspek dengan 365 pasien isolasi mandiri, 352 pasien diisolasi di rumah sakit, 7.577 kasus dinyatakan discarded dan 139 orang meninggal dunia.

 

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: