Sukses

Maaf, Tidak Ada Salat Idul Adha untuk Umum di Masjid Al-Akbar Surabaya

Liputan6.com, Surabaya - Masjid Al-Akbar Surabaya tidak menggelar Salat Idul Adha seiring masih tingginya angka Covid-19 di Jawa Timur. 

Hal tersebut diumumkan pihak masjid Al-Akbar melalui media sosial Instagram masjid Al-Akbar, Senin (19/7/2021). Dalam pengumuman tersebut, masjid Al-Akbar Surabaya memohon maaf kepada masyarakat karena tak bisa menggelar shalat Idul Adha.

"Merujuk PPKM Darurat, mohon maaf Masjid Al-Akbar tidak menyelenggarakan Sholat Idul Adha untuk umum pada tanggal 20 Juli 2021. Semoga Allah lekas mencabut Covid-19 dari bumi Indonesia dan dunia agar kita bisa kembali sholat berjamaah secara normal. Amin," isi pengumuman tersebut.

Humas Masjid Al-Akbar Surabaya, kata Helmy Mohamad Nor membenarkan hal tersebut. Meski demikian kata Helmy, Shalat Idul Adha tetap dilaksanakan, namun hanya untuk internal masjid.

"Sama seperti sebelumnya sejak PPKM Darurat 3 Juli lalu hanya untuk internal (marbot masjid)," ujar Helmy dikutip dari TimesIndonesia.

Sementara untuk pelaksanaan penyembelihan hewan qurban sendiri, di Masjid Al-Akbar akan dilaksanakan pada H+1 Idul Adha atau 21 Juli.

 

2 dari 3 halaman

Omongan Wapres

Sebelumnya, Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengimbau seluruh umat Islam untuk Salat Idul Adha di rumah dengan keluarga masing-masing dan tanpa berjamaah di masjid maupun di lapangan selama masa PPKM Darurat.

"Berjamaah itu hukumnya sunah, tetapi menjaga diri dari pandemi Covid-19 itu hukumnya wajib sehingga hal yang wajib harusnya didahulukan daripada yang sunah," ucap Ma’ruf Amin.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: