Sukses

PMI Bojonegoro Kini Punya Mesin Donor Plasma, Ayo Penyintas Donor

Palang Merah Indonesia (PMI) Bojonegoro kini punya mesin donor plasma darah konvalesen (apherisis).

Liputan6.com, Bojonegoro - Palang Merah Indonesia (PMI) Bojonegoro kini punya mesin donor plasma darah konvalesen (apherisis).

Diketahui, plasma konvalesen merupakan plasma darah yang diambil dari pasien Covid-19 yang telah sembuh lalu diproses agar dapat diberikan kepada pasien yang sedang dalam masa pemulihan setelah terinfeksi.

Dalam prosesnya, mesin apherisis nantinya akan memisahkan antara sel darah merah, sel darah putih, trombosit, dan plasma konvalesen.

Bupati Bojonegoro Anna Muawanah mengungkapkan, dengan adanya alat donor plasma konvalesen maka penggunaannya bisa dimaksimalkan guna membantu penyembuhan pasien Covid-19 yang saat ini masih dirawat.

Kemudian untuk pendonor, Anna berharap adanya pendataan detail nama serta alamat penyintas Covid-19 yang telah dinyatakan sembuh. Nantinya PMI dapat menghubungi serta memberikan motivasi untuk bersedia menjadi pendonor plasma darah konvalesen.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Donor ke Sidoarjo

Ahmad Hernowo,  Ketua PMI Bojonegoro mengatakan, sebelumnya pendonor melakukan donor plasma darah konvalesen di Sidoarjo. Jarak tempuh ini yang kadang mengurungkan niat pendonor karena berpengaruh juga pada kesibukan masing-masing.

"Kini di Bojonegoro sudah ada, maka saya berharap para penyintas mau mendonorkan plasma darahnya, sehingga dapat membantu penyembuhan pasien Covid-19 yang tengah menjalani perawatan," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.