Sukses

97 Persen Pasien Covid-19 Meninggal di Situbondo Belum Divaksinasi 

Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Situbondo mencatat, jumlah meninggal akibat c orona mencapai 548 orang, dengan kasus aktif atau dalam perawatan sebanyak 622 pasien.

Liputan6.com, Surabaya - Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Situbondo mencatat, jumlah meninggal akibat corona mencapai 548 orang, dengan kasus aktif atau dalam perawatan sebanyak 622 pasien.

Dari 548 orang pasien positif Covid-19 yang meninggal, sekitar 97 persen adalah pasien yang belum disuntik vaksin.

"Jadi, vaksinasi penting untuk membentuk kekebalan bersama (herd immunity). Karena angka meninggal pasien positif yang meninggal lebih banyak yang belum vaksin," kata Bupati [Situbondo](https://www.liputan6.com/tag/vaksinasi "") Karna Suswandi, Senin (26/7/2021), dikutip dari Antara

Oleh karena itu, lanjut bupati, dengan pencanangan vaksinasi untuk pelajar SMP, SMA dan sederajat pada hari ini, para siswa ini bisa menjadi pelopor untuk menyukseskan program vaksinasi kepada masyarakat di Situbondo.

"Pelajar ini adalah pionir bangsa, kami berharap mereka mampu memberikan pemahaman dan menyosialisasikan kepada keluarga dan di lingkungannya bahwa vaksin penting untuk menjaga imunitas masyarakat di masa pandemi ini," kata Bung Karna, sapaan bupati.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Siswa Lebih Pede

Angga Dwi K, salah seorang siswa, mengaku senang bisa memperoleh vaksinasi dosis pertama. Menurut ia, dengan disuntik vaksin siswa SMAN 2 Situbondo, itu mengaku lebih percaya diri.

"Tidak takut sih waktu disuntik. Hanya terasa seperti digigit semut saat disuntik tadi. Tentu dengan vaksin ini saya lebih percaya diri karena akan lebih sehat," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.