Sukses

Ketua DPRD Surabaya: Ayo Donor Plasma Konvalasen

Liputan6.com, Surabaya - Ketua DPRD Kota Surabaya Adi Sutarwijono melakukan donor plasma konvalasen untuk diberikan kepada penderita Covid-19.

"Setelah lolos screening, saya langsung donor plasma di Kantor PMI Embong Ploso Surabaya, akhir pekan lalu," kata Adi Sutarwijono dikutip dari Antara, Senin (26/7/2021). 

Adi terinfeksi positif Covid-19 berdasarkan hasil tes usap PCR pada 8 Juni 2021. Ia dinyatakan dinyatakan negatif dan sembuh setelah melalui dua kali tes usap PCR yakni pada 21 Juni dan 25 Juni 2021.

"Saya mendoakan semua penderita Covid-19 diberi kekuatan, kesembuhan dan kesehatan kembali. Berbagai upaya dilakukan keluarga dan pasien untuk bisa sembuh. Termasuk menerima donor plasma konvalasen," ujarnya.

Ia berharap semakin banyak para penyintas Covid-19 atau warga masyarakat yang telah sembuh, dengan sukarela donor plasma darahnya untuk disumbangkan bagi kesembuhan penderita-penderita corona lainnya. 

"Ayo donor plasma. Tidak hanya untuk teman atau keluarga, tapi juga berbagi kesembuhan pada penderita Covid-19, tanpa diketahui asal usul dan latarbelakangnya. Kita tularkan kesembuhan dan spirit kehidupan kepada mereka yang sakit," ujarnya.

2 dari 3 halaman

Kekurangan Pendonor

Kabag Pelayanan dan Humas PMI Kota Surabaya Martono Adi Triyogo mengatakan, permintaan donor plasma banyak. Namun jumlah pendonor dan kemampuan PMI juga terbatas. 

"Rata-rata satu hari hanya bisa melayani 60-70 pendonor plasma darah. Padahal permintaan lebih dari 100 tiap harinya," kata Martono. 

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: