Sukses

6 Minuman Khas Jawa Timur yang Menyehatkan, Bantu Jaga Imun Tubuh

Pembuatan minuman khas Jawa Timur yang menyehatkan ini juga cukup mudah.

Liputan6.com, Jakarta Jika berbicara mengenai kuliner Indonesia tentu saja setiap daerah memiliki makanan khas masing-masing. Baik itu di kota-kota besar bahkan hingga pelosok negeri.

Namun, bukan hanya makanannya saja yang berlimah. Akan tetapi Indonesia juga memiliki cukup banyak minuman khas. Tak sedikit pula minuman khas dari masing-masing daerah memiliki manfaat tersendiri yang menyehatkan badan hingga membantu menjaga imun tubuh. Tak terkecuali minuman khas Jawa Timur. 

Bukan hanya dikenal akan makanan serta jajanan khas saja. Akan tetapi banyak pula minuman khas Jawa Timur yang patut dicoba. Pasalnya, cukup banyak minuman khas Jawa Timur dengan bahan dasar rempah-rempah yang berfungsi untuk kesehatan tubuh serta bisa diminum kapan saja.

Penasaran apa saja? Dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, berikut ini beberapa minuman khas Jawa Timur yang menyehatkan dan bantu jaga imun tubuh, Selasa (27/7/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Wedang Angsle

Wedang Angsle merupakan salah satu minuman yang berasal dari Malang, Jawa Timur. Berbahan dasar ketan, kacang hijau, mutiara, kacang tanah, potongan roti, petulo, kolang-kaling dan emping belinjo ini juga memiliki banyak manfaat.

Salah satunya kandungan kacang hijau yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Mulai dari menurunkan resiko penyakit jantung, menurunkan tekanan darah, mencegah kanker hingga memperkuat sistem imun tubuh. Tak hanya itu, kuah Wedang Angsle yang memiliki bahan dasar santan, jahe, daun pandan serta vanili ini juga mampu menghangatkan tubuh.

3 dari 7 halaman

2. Wedang Pokak

Wedang Pokak merupakan salah satu minuman yang cocok untuk diminum saat musim penghujan. Minuman khas Madura ini memiliki bahan dasar dari berbagai rempah yang bisa didapatkan di pasar. Tentu saja rempah-rempah yang dijadikan sebagai wedang Pokak ini memiliki banyak manfaat.

Wedang Pokak sendiri merupakan minuman yang terbuat dari daun panda, serai, cengkeh, buah pekak, jahe, merica bubuk serta gula pasir. Minuman ini juga bisa dikonsumsi oleh siapa saja baik anak-anak atau orang dewasa.

4 dari 7 halaman

3. STMJ

Mungkin banyak dari kamu yang sudah tahu apa itu STMJ, Ya, STMJ merupakan minuman perpaduan dari Susu, Telur, Madu serta Jahe. Kini, minuman khas Jawa Timur ini juga dapat ditemukan dengan mudah di berbagai kota.

STMJ sendiri menjadi salah satu minuman yang sering diandalkan oleh banyak orang terutama saat kelelahan. pasalnya, STMJ memiliki manfaat untuk menjaga daya tahan tubuh dengan berbagai vitamin dan protein yang terkandung didalamnya.

5 dari 7 halaman

4. Wedang Jaselang

Jawa Timur juga dikenal dengan Wedang Jaselang. Minuman khas Jawa Timur satu ini juga merupakan minuman khas kota Malang. Nama Wedang Jaselang sendiri diambli dari bahan-bahan pembuatannya, antara lain ialah Jahe, Secang serta Alang-Alang. Minuman satu ini pun terbilang cukup mirip dengan wedang uwuh.

Bukan hanya untuk menjaga imun tubuh, namun minuman satu ini juga mampu mengobati perut kembung, panas dalam, serta melegakan tenggorokan. Bahkan, Wedang Jaselang ini juga bisa dibuat dengan mudah di rumah.

6 dari 7 halaman

5. Es Sinom

Tak hanya menyegarkan, akan tetapi Es Sinom juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Minuman yang berasal dari Surabaya ini cukup mirip dengan jamu karena berbagai bahan dasarnya. Bahan-bahan pembuatan Es Sinom sendiri ialah asam jawa, kunyit, gula batu, air serta es batu secukupnya.

Kamu hanya perlu merebuh asam, kunyit dengan gula dan air hingga mendidih. Setelah itu saring minuman tersebut dalam gelas dan tambahan es batu secukupnya.

7 dari 7 halaman

6. Wedang Cemue

Wedang Cemue merupakan minuman yang berasal dari Kabupaten Ngawi, Jawa Timur. Minuman satu ini pun terbilang cukup unik. Pasalnya, dalam penyajian Wedang Cemue kamu akan mendapatkan taburan bawang merah di atasnya.

Berbahan dasar santan, jahe, gula pasir, garam dan daun panda, minuman satu ini juga memiliki isian roti tawar serta kacang yang telah disangrai. Biasanya, wedang cemue ini juga banyak ditemukan di daerah lereng Gunung Lawu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.