Sukses

2 Puskesmas Kota Malang Tutup Karena Puluhan Nakes Covid-19

Layanan kesehatan terjadwal seperti vaksinasi tetap berjalan meski ada nakes di dua puskesmas Kota Malang positif Covid-19

Liputan6.com, Malang - Puskesmas Ciptomulyo dan Puskesmas Kedungkandang, Kota Malang, untuk sementara tak melayani pasien umum. Sebab tenaga kesehatan atau nakes di kedua puskesmas itu masuk dalam status terkonfirmasi positif Covid-19 di Malang.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan setempat, di dua puskesmas itu ada 60 nakes positif Covid-19 di Malang. Rinciannya, di Puskesmas Ciptomulyo ada 36 nakes lalu di Puskesmas Kedungkandang ada sebanyak 24 nakes. Seluruhnya masih dalam perawatan.

“Layanan yang sudah terjadwal tetap dilanjutkan seperti vaksinasi maupun pengambilan specimen untuk swab tes,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang, Husnul Muarif, Selasa, 27 Juli 2021.

Sedangkan warga yang hendak memeriksakan kesehatan di poli umum tanpa jadwal untuk sementara ini tidak dapat dilayani. Mereka terpaksa dialihkan ke puskesmas terdekat lainnya agar tetap mendapatkan layanan kesehatan.

Warga yang biasanya ke Puskesmas Ciptomulyo misalnya, dialihkan ke Puskesmas Janti dan Puskesmas Mulyorejo. Sedangkan yang tak bisa terlayani di Puskesmas Kedungkandang, dapat memeriksakan diri ke Puskesmas Arjowinangun dan Pukesmas Gribik.

“Jadi tak tutup total untuk pukesmas yang ada nakes positif Covid-19. Kami beri ruang agar tak terjadi penyebaran lebih lanjut,” ujar Husnul.

Khusus untuk Puskesmas Kedungkandang, ini adalah kali kedua hampir seluruh nakes positif Covid-19. Kasus serupa terjadi pada Agustus tahun lalu, menyebabkan pelayanan di puskesmas tersebut sempat tutup sementara.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Update Covid-19 di Malang

Jumlah kasus harian Covid-19 di Kota Malang dalam satu bulan terakhir ini meningkat tajam. Setiap hari selalu tembus di atas 100 kasus aktif baru. Rekor tertinggi terjadi pada 14 Juli silam yang diumumkan ada sebanyak 310 kasus saat itu.

Sementara itu mengutip data Info Covid-19 Jawa Timur, sampai dengan 27 Juli 2021 total kasus terkonfirmasi positif di Kota Malang ada sebanyak 10.392 kasus. Dari jumlah kasus itu, 2.839 kasus aktif, 6801 pasien sudah sembuh dan 752 pasien meninggal dunia. Lalu ada 619 kasus suspek, 145 probable, 619 pasien diisolasi dan 8.022 dinyatakan discarded.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.