Sukses

Emil Dardak: Tak Ada Syarat Wajib Vaksinasi untuk Pengambilan Bansos

Emil Dardak merasa perlu meninjau langsung untuk memastikan kelancaran penyaluran, termasuk adanya informasi persyaratan vaksinasi bagi calon penerima bantuan sosial.

Liputan6.com, Surabaya - Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak memastikan penyaluran bantuan sosial (bansos) tunai tanpa syarat vaksinasi.

"Kami cek ke pimpinan PT Pos Jawa Timur bahwa tidak ada syarat seperti itu," ujar wagub di sela peninjauan di Kantor Kecamatan Semampir, Surabaya, Rabu (28/7/2021).

Dia merasa perlu meninjau langsung untuk memastikan kelancaran penyaluran, termasuk adanya informasi persyaratan vaksinasi bagi calon penerima bantuan sosial.

"Sudah jelas dari hasil pengecekan saya langsung ke lokasi, bahwa masyarakat semua, baik yang sudah vaksin maupun belum, bisa mendapatkan bansos tunai tanpa kendala," ucapnya.

Menurut Emil Dardak, jika persyaratan vaksinasi diterapkan dalam penyaluran bansos, maka kendalanya justru pada stok vaksin karena masih ada yang menunggu pengiriman dari pemerintah pusat.

Terlebih, kata dia, masyarakat Surabaya memiliki minat sangat tinggi terhadap program vaksinasi.

Di sisi lain, merespons kabar vaksinasi saat penyaluran bansos tunai di Sumenep, Madura, Wagub Jatim berkoordinasi dengan Dirjen PFM Kementerian Sosial, Dirut PT Pos Indonesia, Kapolda Jatim, dan Bupati Sumenep.

Dari hasil koordinasi, Emil Dardak memperoleh kepastian bahwa meskipun vaksinasi tersedia di lokasi, lalu mempertimbangkan semangat mempercepat penyaluran bansos tunai di masa PPKM, maka bagi penerima yang belum bersedia divaksin tidak akan ditahan pencairannya.

"Alhamdulillah, setelah memohon masukan dari Pak Dirjen dan koordinasi dengan pemangku kebijakan lainnya, sudah jelas bahwa penyediaan fasilitas vaksinasi di lokasi penyaluran bansos adalah hal baik, namun bagi warga yang belum bersedia divaksin tidak akan ditahan pencairannya," katanya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Inisiatif Masing-Masing

Menurut mantan Bupati Trenggalek tersebut, program vaksinasi di lokasi penyaluran bansos tunai adalah inisiatif yang diapresiasi banyak pihak, tetapi memang apabila warga belum bersedia, prioritas saat ini adalah memastikan bantuan tersalur dengan baik.

"Di banyak daerah lain di Jatim, warganya justru antusias, tapi stok vaksin dari pusat masih bertahap. Jadi, jika dipersyaratkan kepada penerima bansos tunai, kendalanya ada di ketersediaan stok," tutur dia.

"Sebaliknya, di daerah yang stok dan kesiapan sarana prasarana memungkinkan untuk vaksin di tempat, maka baik dilakukan, tapi tidak lantas otomatis diterapkan sanksi penundaan pencairan BST," kata Emil Dardak, menambahkan.Pewarta : Fiqih Arfani

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.