Sukses

Aplikasi Penanganan Covid-19 dari Hulu ke Hilir ala Mahasiswa Unair

Liputan6.com, Surabaya - Mahasiswa Universitas Airlangga (Unair) yang tergabung dalam Program Kreativitas Mahasiswa bidang Kewirausahaan (PKM-K) menciptakan aplikasi atau platform yang menaungi informasi pencarian donor plasma dari seluruh penjuru negeri. Aplikasi tersebut diberi nama NORMAL.IN.

Kamailiya Ulfah, ketua tim mengungkapkan bahwa NORMAL.IN menawarkan informasi mengenai fasilitas kesehatan yang menyediakan pelayanan kebutuhan Covid-19. Seperti informasi bed occupancy ratio (BOR) dan juga ketersediaan ruang isolasi di rumah sakit.

“NORMAL.IN juga bisa membantu masyarakat yang menjalani isolasi mandiri agar dipastikan efektif dalam meningkatkan kesembuhan dari penderita Covid-19. Kami juga melengkapi aplikasi ini dengan menu testing serta konsultasi agar dapat memudahkan masyarakat luas sebagai bentuk tindakan preventif dari penularan Covid-19,” jelas mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan tersebut, Rabu (28/07/21).

Aplikasi yang baru terealisasikan pada bulan Juni lalu itu, sambungnya, memiliki fokus empat menu utama, antara lain Cekin, Tolongin, Obatin, dan Konsulin. Aplikasi tersebut juga telah bekerja sama dengan pihak terkait sesuai dengan menu yang ada.

“Seperti halnya dalam menu Tolongin, kami bekerja sama dengan piihak puskesmas, rumah sakit, dan juga PMI. Sedangkan untuk menu Obatin, kami bekerja sama dengan pihak puskesmas,” tutur Fafa, sapaan karibnya.

Fafa juga menuturkan bahwa selain bekerja sama dengan instansi terkait, NORMAL.IN juga bekerja sama dengan beberapa organisasi atau paguyuban. Banyaknya kerja sama itu untuk memudahkan masyarakat melakukan berbagai aktivitas seperti swab, membeli obat, melakukan donor plasma, dan sebagainya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Peluncuran

Dalam waktu dekat ini NORMAL.IN akan  peluncuran website dengan dua menu awal yakni Tolongin dan Cekin. Dua menu berikutnya, Obatin dan Konsulin, masih dalam tahap kerja sama dengan dokter dan apotek.

Adanya aplikasi NORMAL.IN, harap Fafa, mampu menurunkan angka Covid-19 dari hulu ke hilir. Mulai dari preventif, kuratif, dan rehabilitatif yang terintegrasi dalam satu sistem sehingga mudah dijangkau oleh masyarakat.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan d bawah ini:

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China
    COVID-19
  • Unair