Sukses

Warga Bawean Mulai Divaksinasi, 10 Ribu Dosis Disuntikkan

Liputan6.com, Gresik - Warga Pulau Bawean, Kabupaten Gresik, mulai menjalani vaksinasi sebagai bagian mendorong terbentuknya kekebalan komunal di wilayah setempat.

Pangkoarmada II Laksda TNI Iwan Isnurwanto mengatakan, serbuan vaksin di Pulau Bawean digelar serentak di enam titik di Kecamatan Sangkapura dan Tambak.

Untuk Sangkapura tersebar di tiga titik, yakni Pesanggarahan, TK Muslimat NU, dan Balai Desa Daun, Kecamatan Daun. Sedangkan di Kecamatan Tambak vaksinasi digelar di Pendapa Kecamatan Tambak, Puskesmas Pembantu (Pustu) Telukjatidawang, dan SDN Diponggo.

Ia mengatakan, TNI AL total membawa sebanyak 10.500 dosis vaksin dan vaksinasi dilakukan selama tiga hari, mulai Rabu hingga Jumat, 28-30 Juli 2021.

"Kalau melihat ekspektasi masyarakat sangat tinggi, kami bisa tinggal sampai Sabtu," katanya.

Sementara itu, dalam serbuan vaksinasi di Pulau Bawean, TNI AL membawa sebanyak 323 tenaga kesehatan (nakes), dibantu nakes dari RSUD Umar Mas'ud Bawean.

"Kami bawah ratusan nakes ini ke Pulau Bawean menggunakan KRI Makassar-590 dari Satuan Kapal Amfibi (Satfib) tujuan Pulau Bawean," katanya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Apresiasi Bupati

Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani mengapresiasi program serbuan vaksin oleh TNI-AL dan mengajak masyarakat Bawean untuk tidak takut divaksin untuk mencegah pandemi COVID-19.

”Masyarakat tidak boleh takut, banyak para tokoh masyarakat di kota sampai pelosok desa juga mengikuti vaksin ini dan sebagai bentuk membantu negara," katanya.

Pelaksanaan vaksinasi di Pulau Bawean juga ditinjau langsung Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa yang melihat dua lokasi, yakni di Sekolah tinggi Islam (STAI) Hasan Jufri di Desa Lebak dan Pesanggrahan.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: