Sukses

RS Lapangan TNI AL Surabaya Siap Operasi, Tampung 800 Pasien Covid-19

Liputan6.com, Surabaya - Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menyatakan, Rumah Sakit Lapangan TNI AL di Markas Komando Pangkalan Marinir (Mako Lanmar) sangat membantu percepatan penanganan COVID-19 di Surabaya.

"Insya Allah dengan penguatan ini dan langkah-langkah strategis dari Bapak Pangkoarmada II, saya yakin Surabaya semakin cepat untuk memutus mata rantai COVID-19 ini," katanya dikutip dari Antara, Sabtu (31/7/2021).

Menurut dia, RS Lapangan ini meringankan beban Pemerintah Kota Surabaya dalam menangani pandemi COVID-19. Sebab, hingga saat ini masih banyak warga yang terpapar COVID-19 memilih untuk isolasi mandiri (isoman) di rumah.

"Kami imbau masyarakat untuk tidak isoman di rumah, mereka bisa isoman di RS Lapangan ataupun RS yang sudah disediakan lainnya. Karena apa? Di sana sudah ada nakes yang memantau, sehingga sembuhnya bisa lebih cepat," kata Wali Kota Eri. 

Pangkoarmada II Laksamana Muda TNI Iwan Isnurwanto mengatakan, Kepala Staf AL (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono telah memerintahkan seluruh jajarannya untuk menindaklanjuti banyaknya rumah sakit di Surabaya kehabisan ruangan dengan mendirikan RS Lapangan yang memanfaatkan Gedung Karang Pucung.

"Ini merupakan bukti perhatian Pak Kasal. Beliau melihat kondisi yang ada, lalu memerintahkan kepada jajarannya untuk bisa menindaklajuti dengan mendirikan RS Lapangan," katanya.

2 dari 3 halaman

Untuk Umum

Menurutnya, Gedung Karang Pucung dapat menampung hingga 800 pasien. Selain itu, di gedung itu terdapat juga ruangan untuk istirahat para tenaga kesehatan (nakes) yang bertugas. RS Lapangan tersebut sudah dilengkapi sarana pendukung, seperti kamar mandi, toilet, hepa filter, dan ambulans. 

"Insya Allah dalam minggu ini atau seminggu ke depan sudah bisa dioperasikan, jumlah tempat tidurnya ada 800," ujarnya. 

Ia menjelaskan, RS lapangan itu peruntukannya tidak hanya untuk keluarga TNI AL saja. Namun, masyarakat umum juga dapat dirujuk ke RS Lapangan milik TNI AL ini. Syaratnya, mereka harus terlebih dahulu mengikuti proses triase di RSAL dr. Ramelan.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: