Sukses

Ragam Kuliner Pedas Surabaya yang Bikin Lidah Bergoyang

Liputan6.com, Surabaya- Bicara soal kuliner di Surabaya tak akan ada habisnya. Kuliner Surabaya identik dengan makanan bercita rasa asin dan pedas.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut lima rekomendasi kuliner pedas Surabaya yang jadi favorit

1. Bebek Mercon

Bagi pencinta daging bebek wajib coba kuliner bebek mercon di Surabaya. Bebek goreng yang dilumuri dengan sambal pedas dengan butiran-butiran biji cabai dan juga nasi hangat yang disiram bumbu kuah gurih yang kental terlihat sangat menggiurkan untuk disantap.

Gigitan pertama terasa seperti ledakan rasa pedas, gurih, dan rempah yang telah meresap ke dalam daging bebek yang empuk ini. Seporsi nasi bebek di sini sudah termasuk nasi putih hangat, tahu atau tempe goreng, dan tempe orek.

Supaya lebih lengkap, juga dapat menambahkan jeroan favoritmu, seperti hati bebek. Harga satu porsi bebek mercon ini dibanderol Rp 40.000. Penjual kuliner pedas Surabaya ini berada di Jalan Kayon nomor 10 A, Surabaya, Jawa Timur.

 

2 dari 4 halaman

Nasi Goreng Jancuk

2. Nasi Goreng Jancuk

Nasi goreng ini dapat ditemui di tiga tempat, antara lain Foodcourt Royal Plaza lantai 3 dan Foodcourt Surabaya Plaza lantai 4. Hidangan nasi goreng Jancuk terkenal dengan sensasi rasa pedasnya.

Selain itu, porsi yang disajikan juga jumbo alias porsi besar dibanderol dengan harga Rp 25.000 per porsi. Di tempat makan ini tersedia berbagai variasi nasi goreng, seperti nasgorita, mbulet cuk, dan ndang cuk.

Nasi goreng Jancuk buka setiap hari, tetapi sesuai dengan jam operasional mal tersebut. Konon nama jancuk diambil dari umpatan para pembeli yang kepedasan saat menyantap menu kuliner yang satu ini

3. Mi Pecun

Beda dengan mi pedas di Surabaya lainnya yang biasanya disajikan kering atau dalam bentuk mi goreng, mi pedas di Surabaya yang satu ini disajikan dengan kuah pedas. Warnanya saja sudah merah menggoda dengan aroma cabai yang merangsek ke hidung.

Mi Pecun punya beberapa menu pilihan yang bisa dipilih. Harga seporsi mie dibanderol mulai dari Rp 13.000. Lokasinya terletak di Jalan Kedungsari No. 135A, Tegalsari, Surabaya. Pecun merupakan akronim dari pedas dan beracun.

 

3 dari 4 halaman

Sambal Bu Rudy

4. Bakso Abah Killer

Bakso Abah Killer terletak di Jalan Wijaya Kusuma Nomor 17 dan Jalan Klampis Semolo Timur Blok AB 1 Nomor 2, Semolowaru. Buka mulai pukul 11.00 sampai 22.30, dengan harga di kisaran Rp 1.000 hingga Rp10.000.

Warung makan ini menyediakan bakso dengan potongan cabai yang terselip di antara daging dan kuah pedas. Buat yang tak terlalu suka pedas, bisa memilih kuah biasa.

5. Sambal Bu Rudy

Depot Bu Rudy memiliki sajian yang terkenal, yakni menu sambal Bu Rudy. Bahkan Sambal Bu Rudy sudah menjadi ciri khas oleh-oleh dari Surabaya. Sambal Bu Rudy mempunyai cita rasa pedas yang khas dengan paduan rasa udang.

Selain memiliki produk sambal rasa udangnya, Bu Rudy juga memiliki sambal dengan varian rasa lain, seperti sambal bajak dan sambal bawang. Kesamaannya tentu rasa sambal yang dijamin pedas. Harga Sambal Bu Rudy ini dibanderol mulai dari Rp 26.000. Salah satu depot yang terkenal berada di Jalan Dharmahusada Nomor 140, Mojo, Kecamatan Gubeng, Surabaya.

(Tifani)

4 dari 4 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini: