Sukses

Warga Bubutan Surabaya Ciptakan Robot Delta, Ini Fungsinya

Warga Bubutan Surabaya menciptakan robot Delta secara swadaya dan autodidak

Liputan6.com, Surabaya- Warga Bubutan Surabaya menciptakan robot Delta secara swadaya dan autodidak. Robot yang dirakit warga RT 3 RW 2 Jalan Tembok Gede III Surabaya ini berfungsi untuk menyemprot disinfektan di lingkungan permukiman warga untuk mencegah penularan Covid-19.

Perakitan robot Delta memakan waktu seminggu. Kawasan ini memang dikenal sebagai Kampung Pintar karena sebelumnya sudah pernah menciptakan dua unit robot.

"Dua unit robot sebelumnya itu belum bisa bergerak atau berjalan jauh, hanya bisa mengeluarkan suara yang bersifat imbauan," ujar Ketua RT, Aseyan di Surabaya, seperti yang dikutip dari Antara, Sabtu (31/7/2021).

Sementara, robot Delta yang namanya terinspirasi dari keresahan warga terhadap munculnya Covid-19 varian delta ini bisa dikendalikan menggunakan remote control. Robot ini bisa bergerak dan berjalan dalam radius 100 meter.

Tidak hanya itu, robot Delta juga bisa berfungsi sebagai pelayan yang dapat menghidangkan berbagai suguhan kepada tamu-tamu yang kerap berkunjung ke kampung itu, untuk menerapkan protokol kesehatan, salah satunya menjaga jarak aman di tengah pandemi Covid-19.

Robot Delta dibuat dengan menggunakan barang bekas pakai dan menghabiskan biaya belasan jura rupiah. Perakitan komponen elektronika atau motorik pada robot Delta ini dipimpin langsung oleh Aseyan yang mengaku belajar secara autodidak.

Robot Delta dioperasikan di kampung setiap malam yang akhirnya menjadi hiburan bagi warga di Bubutan Surabaya. Ia berharap, tiga unit robot ini bisa menaik wisatawan berkunjung ke kampung.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.