Sukses

1.500 Tabung Oksigen Gratis Donasi Kagama Ludes untuk Rumah Sakit di Jatim

Liputan6.com, Surabaya - Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (Kagama) Jatim berkolaborasi dengan PT Smelting Gresik, membagikan 1.500 tabung besar oksigen gratis ke sejumlah rumah sakit di Surabaya, Sidoarjo, Probolinggo, Malang, Kediri dan Pasuruan.

"Alhamdulillah, kami sudah bisa membagikan 1.500 dari 3 ribu tabung besar bantuan oksigen gratis. Distribusi bantuan masih akan kami teruskan minggu ini," tutur koodinator bantuan oksigen Kagama Jatim, Trisnaini Andrya Ningsing, Selasa (3/8/2021).

Andrya menuturkan, Kagama Jatim telah mendapatkan bantuan oksigen cair 25 ton dari PT Smelting. Oksigen cair itu dimasukkan ke terminal pengisian gas PT Samator di Gresik. Sejumlah rumah sakit yang sudah mendapat rekomendasi dari Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI) Jatim bisa mengisi botol gas secara gratis di terminal tersebut.

"Sampai hari ini, rumah sakit yang telah menerima bantuan oksigen gratis berasal dari Surabaya, Sidoarjo, Pasuruan, Malang, Batu dan Kediri. Masing-masing bervariasi jumlah bantuannya sesuai ketersediaan tabung mereka," kata Andrya.

Sementara itu, Ketua Kagama Jatim Arif Afandi mengaku terharu dengan antusiasme para donatur dari anggota Kagama Jatim dalam Program Donasi Kemanusian Penanganan Covid-19 ini.

"Terima kasih juga kepada PT Smelting dan Petrokimia Gresik yang menyisihkan CSR-nya untuk mendukung program ini," tutur mantan Wakil Wali Kota Surabaya ini.

Arif juga mengapresiasi para panitia Donasi Kemanusiaan yang terdiri dari Pengurus Kagama Jatim dan relawan Kagama Muda.

"Mereka teleh bekerja siang malam untuk membantu pemerintah dalam penanganan pandemi Covid ini. Ini bukti bahwa Kagam Jatim betul-betul migunani (bermanfaat)," kata Arif.

Selain kolaborasi PT Smelting dengan Kagama Jatim, bantuan oksigen medis gratis ini juga didukung PT Petrokimia Gresik dan PT Samator untuk pendistribusiannya. Kagama Jatim juga membantu peti jenazah untuk RS dr Sutomo dan Pemkot Surabaya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bagian dari CSR

Direktur Komersial dan Bisnis PT Smelting Irjunawan P Radjamin menjelaskan, bantuan oksigen medis ini merupakan bagian komitmen CSR (Corporate Social Responsibiliy).

Selain bekerjasama dengan Kagama Jatim, oksigen dari PT Smelting yang diproduksi PT Linde ini juga diperbantukan ke Kemenkes RI melalui Kementerian Perindustrian dan Pemprov Jatim.

Menurutnya, sejak PPKM Darurat bulan lalu, PT Smelting telah mengurangi kapasitas produksinya untuk membantu pengadaan oksigen medis bagi penanganan Covid-19.

"Kami sangat senang bisa mensupport Kagama Jatim yang membagikan oksigen gratis bagi rumah sakit yang sangat membutuhkan," kata Wawan --panggilan akrab Irjunawan P Radjamin.

Kepala Instalasi Farmasi RSUD M Saleh Probolinggo, Dra Sri Purwanti, Apt, mengucapkan terima kasih dan mengaku sangat membutuhkan pasokan oksigen untuk menangani pasien Covid-19.

"Kami sudah terima 75 tabung gas oksigen. Terima kasih Kagama Jatim. Ini bener-bener sangat membantu," ucapnya.

Hal senada juga disampaikan Direktur RS Baptis Kediri, dr Grace Lamboan. "Semula kami tidak terdaftar dalam penerima bantuan. Tapi mendengar RS Baptis Batu dapat bantuan, kami akhirnya mengajukan dan mendapat jatah juga. Kagama Jatim betul-betul migunani," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.