Sukses

Vaksinasi Anak di Malang Dimulai, Puluhan Ribu Siswa Tunggu Giliran

Liputan6.com, Malang - Program vaksinasi untuk anak mulai dilaksanakan di Kota Malang, khususnya bagi pelajar berusia 12 tahun ke atas. Namun untuk tahap awal ini yang diprioritaskan diberi vaksin Covid-19 lebih dulu adalah para siswa tingkat SMA/SMK sederajat.

Secara keseluruhan, vaksinasi untuk anak ini akan menyasar 48.335 siswa terdiri dari sekitar 27 ribu siswa SMA/SMK sederajat dan 21 ribu siswa tingkat SMP sederajat. Lalu pelajar tingkat SD sederajat ada sebanyak 45 ribu siswa.

“Seluruh siswa akan divaksin, tapi untuk awal SMA dulu karena rata-rata kan sudah mulai akan masuk,” kata Wali Kota Malang, Sutiaji, Rabu, 4 Juli 2021.

Seluruh pelajar tingkat SMA/SMK dan sederajat jadi prioritas tahap awal yang disuntik vaksin Covid-19. Pelaksanaannya pertama kali dimulai di SMA Negeri 2 Kota Malang pada Rabu ini dengan total kuotanya sebanyak seribu dosis yang diberikan bergiliran.

Pendaftaran vaksinasi ini diharapkan bisa secara daring, namun karena kendala jaringan menyebabkan siswa dating langsung ke sekolah. Salah satu persyarat yang harus dibawa berupa surat persetujuan dari orang tua siswa.

“Sekolah – sekolah lainnya nanti akan bergilir. Target kami seratus persen siswa divaksin agar terbentuk herd imunity,” ucap Sutiaji.

Pemkot Malang sendiri bakal bekerjasama dengan perguruan tinggi. Agar mahasiswa kedokteran dan keperawatan terlibat membantu sebagai tenaga vaksinatornya demi membantu percepatan program vaksinasi termasuk vaksinasi untuk anak.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Vaksinasi Siswa SMP Menyusul

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Malang-Batu, Ema Sumiarti, mengatakan vaksinasi untuk SMA digelar serentak di berbagai daerah di Jawa Timur termasuk di Malang Raya pada hari ini. Vaksinasi dijadwalkan dari satu sekolah ke sekolah lainnya.

“Ada giliran, kami upayakan selesai satu sekolah dulu sebelum ke yang lainnya,” ucap Ema.

Sedangan vaksinasi untuk siswa kelas 1-3 di SMP dan sederajat secepatnya juga akan dilakukan. Tapi masih harus dipilah lagi berdasarkan sejumlah syarat. Sementara untuk tingkat SD sederajat, diperuntukkan bagi siswa kelas 6 saja.

“Ada batas usia, jadi kalau untuk SD mungkin yang kelas 5 dan enam saja usia itu yang boleh menerima vaksin,” ucap Sutiaji, Wali Kota Malang.

 

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: