Sukses

Temuan Beras Bansos di Bangkalan Kuning dan Berkutu, Apa Kata Emil Dardak?

Bantuan sosial berupa beras 3.000 paket untuk warga terdampak PPKM dari Kemensos, berkutu dan berwarna kuning. Kejadian ini ditemukan di Bangkalan.

Liputan6.com, Surabaya - Bantuan sosial (bansos) beras 3.000 paket untuk warga terdampak PPKM dari Kemensos, berkutu dan berwarna kuning. Kejadian ini ditemukan di Bangkalan. 

Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak pun meminta bansos beras berkutu tersebut segera diganti dengan yang berkualitas bagus. Dia meminta agar bantuan tersebut tidak didistribusikan terlebih dahulu.

"Pagi-pagi bangun saya diberi info dan saya langsung lapor Ibu Gubernur, dan Ibu Gubernur bilang untuk menindaklanjuti dengan segera," katanya di Bangkalan, Rabu, (4/8/2021), dikutip dari Timesindonesia.

Emil menemukan kualitas beras bantuan ini memang tidak baik. Namun, sebenarnya banyak juga program-program bantuan pemerintah yang kualitas berasnya baik, termasuk yang dari Bulog.

Saat pengecekan,  Emil didampingi Bupati Bangkalan Abdul Latif Amin Imron dan Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bangkalan Wibagio Suharta.

Dalam beberapa hari ke depan, Emil memastikan beras bansos pengganti akan segera dikirimkan untuk selanjutnya diberikan kepada masyarakat Bangkalan.

"Ini tadi saya telepon Pak Alwi (Kadinsos Jatim), artinya hitungan hari harus sudah sampai penggantinya, karena masyarakat sudah nunggu," katanya.

Menurut Emil, permasalahan harus diatasi bersama. Peran dari pemerintah daerah sangat penting dalam membantu pengawalan program yang datang dari Pemerintah Pusat.

"Ini kerja bersama, Kemensos ngurusi seluruh Indonesia dan Kemensos pun akan senang, tau ada temuan ini. Kita temukan karena pemda memang diminta Kemensos untuk turut mengawal penyaluran bansos," tuturnya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Minta Tidak Terulang

Mantan Bupati Trenggalek ini berharap kejadian serupa tidak terjadi lagi di Jawa Timur. 

"Tolong diingat, dari seluruh Jatim yang bermasalah ada di beberapa daerah, jadi yang lainnya menerima beras dengan kualitas bagus. Tetapi yang sedikit tapi bermasalah ini harus segera ditindak cepat," katanya.

Selain itu, Emil sangat mengapresiasi respons cepat dari Pemkab Bangkalan dan berharap komunikasi seperti ini akan terus berjalan dengan baik.

Emil pun mengatakan bahwa antisipasi harus dilakukan dalam melihat masalah yang terjadi karena operasi bantuan ini dibuat simultan dengan melibatkan berbagai sumber.

"Antisipasinya kita akan kumpulkan semua data ini dan pastikan pemasoknya, kalau memang bener masalahnya dari penyedia, ya, harus dapat sanksi agar tidak terulang kembali," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.