Sukses

Mengintip Cara Bupati Ipuk Belanja Sembako di Banyuwangi

Minggu pagi (8/8/2021), Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani pun ikut berbelanja sembako di warung sekitar rumahnya di Kebalenan, Banyuwangi.

Liputan6.com, Surabaya- Semangat berbagai elemen masyarakat bergotong royong menggerakkan roda perekonomian UMKM di Banyuwangi belum surut. Ribuan ASN, karyawan BUMN, BUMD, swasta, dan berbagai komunitas kembali menggelar “Hari Belanja ke Pasar Rakyat dan UMKM” yang rutin digelar setiap “tanggal cantik”. Edisi bulan Agustus ini gerakan Hari Belanja ke Pasar Rakyat dan UMKM di Banyuwangi memfokuskan belanja bahan sembako di pasar dan warung terdekat.

Minggu pagi (8/8/2021), Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani pun ikut berbelanja sembako di warung sekitar rumahnya di Kebalenan, Banyuwangi. Sembari naik sepeda bareng keluarga, Ipuk berbelanja ke toko kelontong milik Ribut, salah seorang tetangga. Ia berbelanja sejumlah sembako seperti minyak goreng dan beras.

Ribut menyambut baik gerakan belanja yang telah digeber sejak April lalu itu. Ia menyebut gerakan ini dapat menambah pendapatan para UMKM seperti dia. Terlebih di masa PPKM, menyebabkan kemampuan belanja masyarakat menjadi menurun, sehingga pendapatannya pun berkurang.

“Mudah-mudahan kegiatan ini barokah, hingga sembako ini sampai di tangan masyarakat yang membutuhkan," ucapnya.

Di tengah aktivitasnya berbelanja di sekitar rumahnya, Ipuk juga membeli roti-roti di warung-warung kecil di sepanjang jalan untuk dibagikan kepada warga yang sedang bekerja bakti.

"Ini rotinya dibagi-bagi sama yang lain, jangan lupa jaga prokes, pakai masker," kata Ipuk kepada warga yang sedang membersihkan lingkungan.

Hari Belanja ke Pasar dan UMKM telah dilaksanakan sejak 4 April 2021. Setiap bulan, temanya berubah. Ada yang menyasar khusus usaha milik purna migran, perempuan kepala keluarga, dan sebagainya.

Sejak Juli, gerakan ini difokuskan belanja sembako yang hasilnya kemudian didonasikan. Pada 7 Juli (7/7), lebih dari 51 ton beras didonasikan dari gerakan gotong royong ini.

Bersamaan dengan itu, Pemkab Banyuwangi juga menggelar gerakan belanja ASN ke pedagang kaki lima (PKL) atau warung rakyat. ASN digerakkan untuk membeli makanan-minuman dan barang ke PKL selama pemberlakuan PPKM level 4.

"Dengan gerakan ASN belanja ke PKL selama pemberlakuan PPKM, semoga bisa ikut membantu menggerakkan perekonomian,” ujar Kepala Bagian Perekonomian Pemkab Banyuwangi, Heny Sugiharti.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.