Sukses

Eri Cahyadi: Ekonomi Surabaya Bangkit Jika Herd Immunity Tercapai

Menurutnya, apabila di Kota Surabaya telah mencapai herd immunity, pihaknya siap membantu daerah di wilayah Surabaya Raya untuk percepatan vaksinasi COVID-19.

Liputan6.com, Surabaya - Perekonomian Kota Surabaya diyakini akan bergerak normal jika herd immunity atau kekebalan kelompok tercapai.  

"Karena kalau warganya sudah tervaksin, semua sektor akan dapat kembali bergerak. Semua ini untuk kesejahteraan warga, mohon doanya," kata Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi di Surabaya, Rabu (18/8/2021).

Eri mengaku akan terus berjuang agar wilayahnya mencapai herd immunity dalam waktu dekat. Bahkan, Eri juga berupaya mewujudkan Kota Surabaya masuk zona kuning COVID-19 dalam waktu satu bulan.

Menurutnya, apabila di Kota Surabaya telah mencapai herd immunity, pihaknya siap membantu daerah di wilayah Surabaya Raya untuk percepatan vaksinasi COVID-19. 

"Kami bisa bantu nakes (tenaga kesehatan) apabila diperlukan. Karena wilayah aglomerasi ini merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. Oleh sebab itu, harus saling bahu-membahu," ujarnya. 

Wakil Ketua DPRD Surabaya AH Thony mengatakan, pemulihan ekonomi menjadi prioritas dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Surabaya 2021-2026. RPJMD tersebut telah disahkan DPRD Surabaya dalam rapat paripurna yang digelar pada Senin (16/8/2021).

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perbaikan

Menurut dia, pandemi COVID-19 sudah berimplikasi pada perekonomian di Kota Surabaya, maka untuk pemulihannya perlu ada konsep yang jelas. Konsep tersebut mulai dari bagaimana menghidupkan kembali perekonomian, mulai lapis bawah, menengah, dan atas. 

"Jangan sampai satu sisi saja yang dibenahi ekonominya misal, ekonomi di level atas saja," ujarnya.

Thony berharap Pemkot Surabaya segera mempercepat perbaikan ekonomi seperti termaktub dalam RPJMD Surabaya 2021-2026 yang disahkan DPRD Surabaya dalam rapat paripurna yang digelar pada Senin (16/8).

"Mumpung kondisi saat ini COVID-19 di Surabaya sedang landai, maka Pemkot Surabaya cepat melakukan relaksasi dari semua kelompok ekonomi, agar spirit usaha kembali bergairah," katanya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.