Sukses

Satgas Covid-19 Jember Pindahkan Ratusan Warga Isoman ke Tempat Isoter

Liputan6.com, Jember Ratusan warga Jember terkonfirmasi COVID-19 yang sedang isolasi mandiri di rumah dipindahkan ke dua tempat isolasi terpusat yang disediakan Pemerintah Kabupaten Jember.

Bupati Jember Hendy Siswanto menjelaskan, pemindahan pasien COVID-19 ke tempat isolasi terpusat itu untuk menekan angka penularan.

"Pemindahan tersebut dilakukan untuk menekan penularan kasus COVID-19 di Kabupaten Jember," katanya di Markas Kodim 0824/Jember di Jember, Rabu, 18 Agustus 2021, dilansir dari Antara.

Menurut ia, pemindahan tersebut tindakan tepat dan strategis dalam penanganan COVID-19 yang merupakan tindak lanjut dari Instruksi Mendagri yang akan dilaksanakan dalam dua pekan ke depan.

"Kami berharap ada kerja sama yang baik di tingkat satgas wilayah, sehingga kami melakukan apel pasukan untuk mengecek personel dan sarana prasarana untuk kesiapan pemindahan," tuturnya.

Berdasarkan data Satgas Penanganan COVID-19 Jember, hasil pelacakan pada Rabu ini, tercatat jumlah warga terkonfirmasi positif yang melakukan isolasi 623 orang dengan rincian 498 orang isolasi mandiri dan 125 orang isolasi terpusat.

"Kami berusaha untuk memindah mereka yang melakukan isolasi mandiri di rumah agar bersedia menjalani isolasi terpusat di dua lokasi yakni Hotel Kebonagung dan Gedung Jember Sport Garden dengan kapasitas totalnya 687 orang," katanya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Isolasi Terpusat di Kecamatan

Hendy menjelaskan warga yang terkonfirmasi COVID-19 baru akan segera ditempatkan di isolasi terpusat dengan target penambahan minimal 20 orang per hari.

"Hari ini berdasarkan hasil tracing (pelacakan) terdapat tambahan 40 orang yang berada di tempat isolasi terpusat, baik di Hotel Kebonagung maupun Jember Sport Garden," katanya.

Pihak satgas juga meminta kepada muspika dan pemerintah desa untuk menyiapkan tempat isolasi terpusat di setiap kecamatan dan sebagian desa untuk mempermudah penanganan warga yang terkonfirmasi COVID-19.

"Kami akan persuasif agar mereka bersedia dipindahkan menuju tempat isolasi terpusat karena semuanya dijamin dari segi fasilitas, kelayakan, dan pelayanan yang akan didapatkan masyarakat," ujarnya.

Ia menjelaskan warga yang berada di isolasi terpusat akan diawasi dokter selama 24 jam, dijamin makanannya, vitamin, serta ada juga relawan kesehatan mulai dari relawan COVID-19, relawan isolasi terpusat, hingga relawan vaksin untuk ke depannya.

Total warga yang terkonfirmasi positif hingga Rabu, tercatat 14.772 orang dengan jumlah kasus aktif 1.501 orang (10,16 persen), total pasien sembuh 12.033 orang (81,46 persen), dan meninggal dunia 1.238 orang (8,38 persen).

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS