Sukses

Pelaku UMKM Sidoarjo Dapat Pinjaman Lunak, Bunganya Hanya 3 Persen

Dengan pinjaman lunak itu, Pemkab Sidoarjo sudah menyiapkan anggaran sekitar Rp36 miliar yang akan dialokasikan dalam program Kredit Usaha Rakyat Daerah (Kurda).

Liputan6.com, Sidoarjo Pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Sidoarjo bakal dapat pinjaman modal dengan bunga rendah. Pinjaman itu disiapkan Pemkab Sidoarjo karena mereka terdampak pandemi COVID-19.

Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali di Sidoarjo, Rabu (18/8/2021), mengatakan bunga pinjaman modal yang diberikan kepada pelaku UMKM hanya sebesar 3 persen setahun.

"Bantuan tersebut diharapkan dapat membantu pelaku usaha agar tetap eksis di tengah pandemi COVID-19. Kami sudah siapkan pinjaman modal dengan bunga tiga persen, khusus pelaku UMKM," katanya, dilansir dari Antara.

Dengan pinjaman lunak itu, Pemkab Sidoarjo sudah menyiapkan anggaran sekitar Rp36 miliar yang akan dialokasikan dalam program Kredit Usaha Rakyat Daerah (Kurda) melalui BPR Delta Artha.

Namun, kata bupati, realisasi program tersebut masih harus menunggu persetujuan dari Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sidoarjo.

"Program ini masih harus menunggu persetujuan dewan (DPRD Sidoarjo) pada saat PAK APBD 2021 nanti," ujarnya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Daerah UMKM

Ia mengatakan Kabupaten Sidoarjo merupakan daerah yang banyak memiliki UMKM, sehingga sudah seharusnya pemerintah turun tangan membantu para penggerak ekonomi masyarakat itu.

"Mudah-mudahan, seiring dengan kasus COVID yang mulai melandai, ekonomi kita cepat bangkit lagi," tukasnya.

Dari data yang ada, saat ini jumlah pasien positif COVID-19 di Kabupaten Sidoarjo sebanyak 23.454 orang, kemudian yang sembuh sebanyak 20.828 orang dan yang meninggal dunia sebanyak 879 orang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.