Sukses

Tingkat Kesembuhan Covid-19 di Lamongan Lebih Tinggi dari Jatim dan Nasional

Per tanggal 19 Agustus 2021, angka transmisi penularan COVID-19 di Lamongan memasuki resiko sedang.

Liputan6.com, Lamongan Tingkat kesembuhan pasien COVID-19 di Kabupaten Lamongan lebih tinggi dari tingkat kesembuhan di Provinsi Jawa Timur dan nasional. Tercatat, tingkat kesembuhan di Lamongan sebesar 89,66 persen, sementara di Jatim sebesar 85,57 persen dan nasional sebesar 88,4 persen.

Bupati Lamongan Yuhronur Efendi pada Rapat Koordinasi Pengendalian COVID-19 di Kabupaten Lamongan, Jumat (20/8/2021), tetap meminta masyarakat untuk waspada meski tingkat kesembuhannya cukup tinggi.

"Sesuai pesan Presiden Jokowi ketika memberi pengarahan kepada seluruh Forkopimda se-Jawa Timur di Madiun, Kamis (19/8), masyarakat diminta untuk tetap dalam kehati-hatian dan waspada," kata Yuhronur, dilansir dari Antara.

Ia mencatat per tanggal 19 Agustus 2021, angka transmisi penularan COVID-19 di Lamongan memasuki resiko sedang, dengan jumlah kasus terkonfirmasi sebanyak 6.218 pasien, tingkat kesembuhan 5.575 pasien, dan kasus yang masih aktif 243 pasien, sisanya jumlah korban meninggal berjumlah 400 pasien.

"Sedangkan keterisian bed occupancy rate (BOR) di Kabupaten Lamongan sebesar 12 persen," kata Yuronur, dalam siaran persnya.

Yuhronur mengingatkan, meski kasus aktif di Kabupaten Lamongan lebih rendah yakni 3.9 persen, nasional masih di angka 8.5 persen, namun kasus kematian Lamongan lebih tinggi yakni 6.43 persen sementara tingkat nasional di angka 3.1 persen.

"Intinya, walau tingkat penularan COVID-19 menurun, jika dilihat pada grafik telah melandai namun harus tetap waspada. Serta bagaimana terus menggerakkan pertumbuhan ekonomi diiringi dengan hati-hati dalam pelaksanaannya," katanya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tak Ada Zona Merah

Sementara itu, Juru Bicara Satgas COVID-19 Kabupaten Lamongan Taufik Hidayat menyebutkan dari 27 kecamatan, saat ini ada satu kecamatan yakni Kalitengah sudah masuk zona hijau, sementara empat kecamatan masih dalam zona orange (Lamongan, Sukodadi, Sugio, dan Sambeng).

"Yang lainnya dalam zona kuning. Oleh karena itu mari berlomba-lomba menjadi zona hijau. Namun, tetap disiplin protokol kesehatan jangan sampai lengah. Jangan bosan mengingatkan kepada masyarakat untuk taat protokol kesehatan," katanya.

Taufik meminta, agar seluruh kecamatan juga melakukan konsolidasi dari satgas COVID-19 untuk selalu mengecek ketersediaan dan membantu memotivasi sasaran vaksin yang sulit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.